MotoGP Austria: Sukses KTM Hasil Arogansi Honda

CNN Indonesia | Rabu, 12/08/2020 12:42 WIB
Honda diklaim terpuruk jelang MotoGP Austria 2020 karena arogansi tim pabrikan Jepang tersebut. Alex Marquez gagal beradaptasi cepat di Honda jelang MotoGP Austria 2020. (AFP/JOE KLAMAR)
Jakarta, CNN Indonesia --

Honda diklaim terpuruk jelang MotoGP Austria 2020, 14-16 Agustus, karena arogansi tim pabrikan Jepang tersebut.

Seiring dengan Marquez cedera dan terus absen hingga MotoGP Austria di Sirkuit Red Bull Ring akhir pekan ini, Honda terus mendapatkan hasil buruk. Belum ada pembalap Honda yang mampu naik podium di MotoGP 2020.

Empat pembalap Honda kesulitan meraih hasil bagus. Torehan terbaik Honda sejauh ini adalah ketika Takaaki Nakagami finis keempat pada balapan MotoGP Andalusia. Sementara Cal Crutchlow, Alex Marquez, dan pembalap tes Stefan Bradl tidak pernah mampu menembus posisi lima besar.


Pengamat MotoGP asal Italia, Carlo Pernat, mengatakan Honda kesulitan di MotoGP 2020 karena melakukan sejumlah kesalahan. Salah satunya adalah melepas Dani Pedrosa dan membiarkan pembalap asal Spanyol itu menjadi test rider KTM.

Banner Live Streaming MotoGP 2020

"Keraguan saya terhadap KTM sudah hilang. Hasil ini merupakan bagian dari strategi [direktur Repsol Honda Alberto] Puig dan Honda, yakni melepas Pedrosa dan membiarkan dia menjadi pembalap tes KTM. Itu kunci penting," ucap Pernat dikutip dari GP One.

Pernat kemudian menganggap Honda arogan karena kurang mempedulikan tim satelit. Pernat mengatakan Honda seharusnya fokus memberi kesempatan kepada pembalap muda di tim satelit.

[Gambas:Video CNN]

"Pembalap Honda sebuah musibah. Crutchlow habis operasi dan sudah berpikir pindah ke Aprilia, Bradl sudah tidak balapan cukup lama, Alex Marquez seperti ayam sayur. Nakagami tidak buruk, tapi terbukti bukan yang terbaik bersama sepeda motor [Honda]," ujar Pernat.

"Marquez bisa menang, tapi itu sesuatu yang sudah kita ketahui. Honda salah karena tidak fokus ke pembalap muda di tim satelit, seperti yang dilakukan Ducati, Yamaha, dan KTM. Honda harus membayar arogansi mereka," ucap Pernat.

Live streaming MotoGP Austria bisa disaksikan melalui CNNIndonesia.com. Sementara siaran langsung balapan di Trans7.

(nva)