Kalahkan Zverev, Thiem Juara US Open 2020

CNN Indonesia | Senin, 14/09/2020 07:26 WIB
Dominic Thiem berhasil jadi juara grand slam US Open setelah mengalahkan Alexander Zverev lewat pertarungan lima set. Dominic Thiem berhasil menjadi juara US Open 2020. (AP/Seth Wenig)
Jakarta, CNN Indonesia --

Dominic Thiem berhasil jadi juara grand slam US Open setelah mengalahkan Alexander Zverev lewat pertarungan lima set 2-6, 4-6, 6-4, 6-3, 7-6 (8-6) di babak final, Senin (14/9) pagi WIB.

Thiem mengawali pertandingan dengan bagus saat ia memimpin 1-0 lewat servis di tangannya. Namun break yang dilakukan Zverev di gim ketiga plus sukses mempertahankan servis di gim berikutnya membuat petenis Jerman itu memimpin 3-1.

Zverev sukses melakukan break kedua pada gim ketujuh dan membuat skor berubah menjadi 5-2. Tak butuh waktu lama, Zverev langsung memaksimalkan kesempatan servis berikutnya dan menutup set pertama dengan keunggulan 6-2.


Pada set kedua, Zverev dominan dan mampu memimpin 5-1 dengan catatan dua break terhadap servis Thiem. Zverev bahkan sempat beberapa kali meraih set point di gim ketujuh.

Namun Thiem menunjukkan perlawanan sengit dengan merebut gim ketujuh. Thiem lalu sukses melakukan break dan mendekati di angka 4-5.

Dalam kondisi tersebut, Zverev merespons dengan baik dan tak memberikan celah untuk Thiem. Zverev merebut gim kesepuluh dan menutup set kedua dengan kemenangan 6-4.

Pada gim ketiga, Zverev berhasil melakukan break untuk unggul 2-1. Namun Thiem sukses membalasnya di gim berikutnya dan skor sama kuat, 2-2.

Skor terus sama kuat hingga angka 4-4 sebelum akhirnya Thiem mendapat momentum melakukan break di gim kesembilan yang membuatnya memimpin 5-4.

Thiem lalu memastikan kemenangan di gim kesepuluh saat ia memegang servis. Skor 6-4 untuk Thiem di set ketiga sekaligus membawa permainan berlanjut ke set keempat.

Pada set keempat, duel dua petenis papan atas ini tetap berjalan sengit. Zverev selalu bisa mengejar ketertinggalan dari Thiem hingga angka 3-3 pada set keempat.

Thiem yang memegang servis kembali unggul 4-3 atas Zverev. Di gim kedelapan, Thiem melakukan break untuk menjauhkan keunggulan jadi 5-3.

Di gim kesembilan, Thiem tampil tenang untuk menutup set keempat dengan angka 6-3. Partai final pun harus berlanjut ke set kelima.

Pada set kelima, Thiem berhasil unggul 1-0 setelah melakukan break di gim pertama. Namun, Zverev menebus kesalahannya dengan merebut dua angka beruntun dan berbalik unggul 2-1.

Banner gif video highlights MotoGP

Pertandingan berjalan makin sengit karena Zverev dan Thiem saling mengejar angka hingga kedudukan sama 3-3 di gim keenam.

Memasuki gim ketujuh dan kedelapan, dominasi permainan ditunjukkan Zverev untuk memperlebar keunggulan jadi 5-3. Zverev yang hanya butuh satu angka lagi untuk juara justru kehilangan momentum sehingga Thiem bisa memaksakan angka 5-5 di gim kesepuluh.

Thiem bahkan bisa memaksakan break di gim kesebelas untuk unggul 6-5. Zverev yang berada dalam tekanan karena harus melakukan break justru berhasil melakukannya atas Thiem dan membuat angka imbang 6-6.

Angka sama kuat 6-6 membuat penentuan juara harus ditentukan lewat tie break. Di fase penentuan ini, Thiem keluar sebagai pemenang dengan tie break 8-6 untuk menutup set kelima dengan angka 7-6. 

(jal/jal)

[Gambas:Video CNN]