Timnas Indonesia U-19 vs Qatar, Mengingat Magis Todd Ferre

Titi Fajriyah, CNN Indonesia | Rabu, 16/09/2020 14:32 WIB
Timnas Indonesia U-19 pernah hanya kalah tipis dari timnas Qatar U-19 dengan bantuan tiga gol dari Todd Rivaldo Ferre. Todd Ferre menggoyang pertahanan Qatar. (CNN Indonesia/ Hesti Rika)
Jakarta, CNN Indonesia --

Todd Rivaldo Ferre pernah membantu Timnas Indonesia U-19 memangkas selisih telak ketika berjumpa Qatar dalam sebuah laga sengit di fase grup Piala Asia U-19 2018.

Sempat tertinggal dengan selisih 1-6, kala itu Todd Ferre mencetak hattrick yang membantu Timnas Indonesia U-19 'hanya' kalah 5-6 di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Senayan, Jakarta, 21 Oktober 2018.

Skuad Garuda Muda sempat tak berkutik menerima serangan Qatar sejak awal laga. Bahkan, Timnas Indonesia U-19 sempat tertinggal 0-3 sebelum babak pertama berakhir.


Di babak pertama, Timnas Indonesia U-19 yang dibesut pelatih Indra Sjafri hanya berhasil mencetak satu gol melalui Lutfi Kamal di menit ke-28. Sementara Qatar mencetak empat gol.

Masuk babak kedua, Indra Sjafri mencoba membuat rotasi. Salah satunya dengan memasukkan Todd Ferre yang dikenal sebagai pemain yang punya kecepatan.

Pesepak bola timnas Indonesia U-19 Syahrian Abimanyu berebut bola dengan pesebak bola Qatar U-19 (merah) pada laga Grup A Piala Asia U-19 2018 di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Jakarta (21/10). (CNN Indonesia/Hesti Rika)Timnas Indonesia U-19 sempat tertinggal jauh dari Qatar di fase grup Piala Asia U-19 2018. (CNN Indonesia/Hesti Rika)

Sebelum masuk lapangan, Todd Ferre sempat mendapatkan pesan khusus dari sang pelatih. Indra Sjafri meminta pemain Persipura Jayapura itu menampilkan kemampuan terbaiknya sebagai gelandang serang.

Perubahan tak langsung terlihat. Timnas Indonesia U-19 sempat tertinggal 1-6. Todd Ferre berhasil mencetak gol perdana di menit ke 65 untuk memperkecil ketinggalan menjadi 2-6. Kemudian disusul gol Saddil Ramdani di menit ke-69 yang mengubah kedudukan menjadi 3-6.

Banner Live Streaming MotoGP 2020

Todd yang menjadi supersub pada pertandingan tersebut tampil semakin panas memasuki menit ke-70. Ia kembali mencetak dua gol tambahan di menit 73 dan 81 yang membuat Timnas Indonesia U-19 mengakhiri laga dengan skor 5-6.

Pertandingan itu menjadi pertemuan terakhir Timnas Indonesia U-19 dengan Qatar. Selanjutnya, kedua tim bakal kembali bertemu pada laga uji coba yang digelar di Kroasia, Kamis (17/9) dan Minggu (20/9).

Pertandingan melawan Qatar bakal menjadi laga uji coba keempat Timnas Indonesia U-19 yang saat ini dibesut pelatih asal Korea Selatan Shin Tae Yong dalam pemusatan latihan (TC) di Kroasia sebagai persiapan menuju Piala Dunia U-20 2021. Sebelumnya, Skuat Garuda Muda menelan dua kali kekalahan dan satu hasil imbang.

Kekalahan pertama didapat pada pertemuan dengan Bulgaria dengan hasil 0-3. Kemudian kalah 1-7 dari Kroasia dan terakhir imbang 3-3 bersama Arab Saudi.

Setelah laga melawan Qatar, Timnas Indonesia U-19 sudah dijadwalkan untuk melakukan laga uji coba menghadapi Bosnia dan Herzegovina pada 25 September kemudian jumpa Dinamo Zagreb pada 28 September mendatang.

(nva)

[Gambas:Video CNN]