Saling Sikut di Lini Depan Jelang Timnas U-19 vs Qatar

CNN Indonesia | Kamis, 17/09/2020 07:34 WIB
Persaingan di lini depan Timnas Indonesia U-19 bakal ketat dan menarik jelang duel lawan Qatar, Kamis (17/9). Irfan Jauhari harus tampil maksimal agar jadi pilihan di lini depan Timnas Indonesia U-19. (Dok. PSSI)
Jakarta, CNN Indonesia --

Persaingan memperebutkan tempat di lini depan jadi sorotan lain jelang laga uji coba Timnas Indonesia U-19 melawan Qatar di Stadion SRC Mladost, Cakovec, Kamis (17/9) waktu setempat.

Hal ini lantaran posisi Irfan dan Saddam tidak lagi aman di lini depan seiring performa apik Braif Fatari di laga terakhir kontra Arab Saudi. Braif bisa menyumbang gol meski diplot sebagai striker dadakan.

Duet Irfan dan Saddam memang diandalkan pelatih Shin Tae Yong di tiga laga uji coba sebelumnya. Namun, Irfan dan Saddam belum tampil meyakinkan.


Kedua pemain ini gagal mencetak gol di dua laga awal International U-19 Friendly Tournament. Irfan dan Saddam Gaffar tak mampu membuka rekening golnya saat Timnas Indonesia U-19 takluk 0-3 dari Bulgaria dan 1-7 dari Kroasia.

Timnas Indonesia U-19 vs Bulgaria pada laga uji coba di Stadion Igraliste NK Polet, Sveti Martin na Mauri, Kroasia Sabtu (5/9).Timnas Indonesia U-19 akan melakoni laga uji coba keempat di Kroasia. (Dok. PSSI)

Saat kalah telak dari Kroasia, satu-satunya gol tim Garuda Muda dijaringkan bek kanan Amiruddin Bagas Kaffa.

Gol-gol yang ditunggu dari Irfan dan Saddam baru datang saat Timnas Indonesia U-19 menahan imbang Arab Saudi 3-3. Irfan mencetak gol pertama dan Saddam mengikuti jejak tandemnya itu untuk membuat Timnas Indonesia U-19 memperkecil skor jadi 2-3 setelah lebih dulu tertinggal 0-3.

Di pengujung laga, Braif Fatari muncul sebagai penyelamat Timnas Indonesia U-19 usai membobol gawang Arab Saudi untuk membuat skor imbang 3-3. Secara keseluruhan, Braif juga tampil oke saat ditempatkan di lini depan menggantikan posisi Saddam yang sudah digantikan pemain lain.

Banner Live Streaming MotoGP 2020

Kinerja positif dari Braif ini membuat Irfan dan Saddam tidak bisa lagi digaransi langsung jadi starter. Pasalnya, kini ada Braif yang mengintai satu dari dua posisi di lini depan Timnas Indonesia U-19.

Braif juga memiliki nilai plus karena ia sebenarnya bukan penyerang murni. Pemain Persija Jakarta U-19 itu berposisi asli sebagai gelandang serang.

Braif ditempatkan sebagai striker karena Shin Tae Yong tidak punya banyak pilihan di lini depan. Selain Irfan dan Saddam, praktis hanya tersisa pemain PSIS Semarang U-19, Moh. Bahril.

Sementara Jack Brown yang kerap dimainkan sebagai striker dalam sesi latihan tengah mengalami cedera. Cedera itu membuat Brown belum sekalipun tampil di tiga laga uji coba awal Timnas Indonesia U-19.

(jal/ptr)

[Gambas:Video CNN]


BACA JUGA