Rekor Unik Jelang MotoGP Catalunya 2020

CNN Indonesia | Selasa, 22/09/2020 17:00 WIB
Rekor unik tercipta di MotoGP 2020 jelang seri kedelapan musim ini di MotoGP Catalunya 2020 di Sirkuit Barcelona, Minggu (27/9). Maverick Vinales menciptakan rekor unik di MotoGP usai MotoGP Emilia Romagna. (AP/Antonio Calanni)
Jakarta, CNN Indonesia --

Rekor unik tercipta di MotoGP 2020 jelang seri kedelapan musim ini di MotoGP Catalunya 2020 di Sirkuit Barcelona, Minggu (27/9).

Kemenangan pembalap Yamaha Maverick Vinales di MotoGP Emilia Romagna 2020 membuat enam pembalap memenangi tujuh balapan di musim 2020.

Fabio Quartararo dari Petronas dua kali menang (MotoGP Spanyol dan MotoGP Andalusia), selebihnya balapan 'dikuasai' pembalap yang berbeda.


Brad Binder (MotoGP Ceko), Andrea Dovizioso (MotoGP Austria), Miguel Oliveira (MotoGP Styria), Franco Morbidelli (MotoGP San Marino), dan Vinales (MotoGP Emilia Romagna).

Catatan enam pembalap berbeda yang memenangi tujuh balapan menjadi rekor tersendiri di era MotoGP. Dikutip dari AS, catatan tersebut belum pernah terjadi di MotoGP dalam tujuh seri awal.

[Gambas:Video CNN]

Dalam lima musim belakangan, rekor yang terjadi hanya empat pembalap memenangi tujuh seri awal, di musim 2019, 2018, dan 2017. Sedangkan di musim 2016 dan 2015 tiga pembalap memenangi tujuh balapan.

Dengan banyaknya pembalap yang menang pada separuh putaran pertama tahun ini, musim 2020 berpotensi mengulang atau melebihi rekor MotoGP 2019 di mana sembilan pembalap jadi pemenang seri.

Banner Live Streaming MotoGP 2020

Pada MotoGP 2016, setelah Marc Marquez, Jorge Lorenzo, dan Valentino Rossi bergantian memenangi 7 balapan awal, pembalap lain seperti Jack Miller dan Cal Crutchlow muncul jadi yang terbaik.

Pembalap-pembalap seperti Francesco Bagnaia, Joan Mir, Pol Espargaro, hingga Rossi masih memiliki peluang memenangi seri di putaran kedua musim ini.

Pecco Bagnaia nyaris menjadi bagian dari enam pemenang pada 7 balapan awal musim ini seandainya tidak terjatuh ketika memimpin balapan MotoGP Emilia Romagna yang akhirnya jatuh ke tangan Vinales.

Sementara itu, Marc Marquez yang masih dalam pemulihan usai operasi lengan kanan juga masih masuk dalam perhitungan pemenang seri jika kembali pada sisa musim ini.

MotoGP Catalunya 2020 akan jadi seri berikutnya dari balapan MotoGP 2020. Live streaming MotoGP Catalunya 2020 dapat disaksikan di CNNIndonesia.com, sementara siaran langsung di Trans7.

(sry/jun)