Suporter Datang ke Stadion, Klub Liga 1 Dinyatakan Kalah

CNN Indonesia | Rabu, 23/09/2020 02:33 WIB
Klub Liga 1 2020 akan dinyatakan kalah apabila suporter mereka datang ke stadion di tengah pandemi covid-19. Ilustrasi suporter di stadion. (CNN Indonesia/Adhi Wicaksono)
Jakarta, CNN Indonesia --

PSSI dan operator PT. Liga Indonesia Baru (LIB) tengah menggodok regulasi yang salah satu isinya mengurangi poin klub Liga 1 2020 di klasemen yang suporternya datang ke stadion saat klub kebanggaan mereka bertanding.

Hal itu diungkapkan Direktur Utama LIB, Akhmad Hadian Lukita kepada CNNIndonesia.coom, Selasa (22/9) malam. Hadian mengakui jika pengurangan poin itu sudah bakal pasti masuk dalam regulasi baru Liga 1 2020.

"Betul, klub yang pada saat pertandingan suporternya datang ke stadion akan dianggap kalah. Pada prinsipnya seperti itu [klub yang suporternya datang akan dianggap kalah]," kata Hadian melalui pesan singkat.


"Tentu aturan ini untuk satu pertandingan di waktu yang ada kejadiannya," imbuhnya.

Kendati demikian, Hadian menambahkan terkait regulasi kompetisi Liga 1 dan Liga 2 sampai saat ini masih dalam tahapan penggodokan secara detail di Tim Pokja Regulasi PSSI.

"Regulasi belum jadi, tapi sudah pasti [tim otomatis akan kalah jika suporternya datang ke stadion]," tegasnya.

Banner Live Streaming MotoGP 2020

Lebih lanjut Hadian mengungkapkan jika informasi tentang aturan pengurangan poin itu sudah dikomunikasikan dengan klub-klub peserta baik di Liga 1 maupun Liga 2 2020.

Liga 1 2020 yang sudah berjalan tiga pekan sebelum pandemi covid-19 rencananya akan kembali dilanjutkan pada 1 Oktober mendatang. Laga PSS Sleman melawan Persebaya Surabaya bakal menjadi laga pembuka di Stadion Maguwoharjo.

(TTF/jal)

[Gambas:Video CNN]