Koeman Bakal Buat Barcelona Lebih Bertahan

CNN Indonesia | Kamis, 24/09/2020 01:09 WIB
Ronald Koeman memainkan dua jangkar dalam formasi 4-2-3-1 karena ingin Barcelona lebih banyak bertahan pada musim 2020/2021. Ronald Koeman sudah memilih formasi 4-2-3-1 untuk permainan Barcelona. (AFP/GABRIEL BOUYS).
Jakarta, CNN Indonesia --

Ronald Koeman memastikan bakal menggunakan formasi 4-2-3-1 untuk pola permainan Barcelona di musim 2020/2021. Dengan dua jangkar di tengah, Koeman bakal membuat Barcelona cenderung lebih bertahan.

Dilansir AS, Koeman mengubah sistem permainan Barcelona yang dalam beberapa musim terakhir menggunakan pakem 4-3-3 dengan gaya menyerang. Blaugrana di eranya akan bermain dengan 4-2-3-1.

Pelatih asal Belanda itu telah membagi empat minggu pramusim menjadi dua minggu latihan fisik dan dua pekan pelajaran taktis.


Ia saat ini memiliki satu minggu lagi sebelum memulai laga perdana Liga Spanyol 2020/2021 untuk menyempurnakan pakem dan idenya.

Dia ingin Barcelona lebih banyak bertahan ketimbang fokus pada penyerangan yang biasa diperagakan dalam beberapa tahun terakhir.

"Ini mungkin sesuatu yang lebih defensif dari apa yang orang biasa lihat di sini," kata Koeman

Dia sudah melakukan evaluasi dalam dua laga pramusim Barcelona. Khususnya saat menang 1-0 melawan Elche. Koeman melihat dua gelandang bertahannya belum terkoordinasi baik dengan lini belakang.

Koeman menyebut timnya perlu melindungi diri dari serangan lawan dengan dua gelandang bertahan, selain juga berusaha membuat Frenkie de Jong bersinar seperti yang terjadi di Ajax Amsterdam dengan formasi itu.

Barcelona's Frenkie de Jong, left, in action during the pre-season friendly soccer match between Barcelona and Girona at the Johan Cruyff Stadium in Barcelona, Spain, Wednesday, Sept. 16, 2020. (AP Photo/Joan Monfort)Dari dua pertandingan uji coba pramusim Barcelona, Ronald Koeman menggunakan dua pemain jangkar. (AP/Joan Monfort).

Di samping itu, Koeman juga melihat ada celah di antar lini yang kerap dimanfaatkan lawan dalam pertandingan versus Elche.

Koeman telah memilih 11 pemain untuk menjadi starter menjelang laga perdana melawan Villarreal, Senin 28 September mendatang.

Dengan formasi 4-2-3-1, Koeman menjadikan Lionel Messi sebagai 'false nine'. Dia ditemani Phillipe Coutinho di tengah bersama Antoine Griezmann di sayap kanan dan Ansu Fati di sayap kiri.

Ketiganya bisa dipindah-pindah sesuai kebutuhan tim. Sementara di bangku cadangan masih ada Fransisco Trincao, Ousmane Dembele, Pedri, dan Martin Braithwaite.

Banner Live Streaming MotoGP 2020

Di sektor tengah, Koeman memainkan dua jangkar pada diri Sergio Busquets dan Frenkie De Jong. Dia punya Carles Alena dan Miralem Pjanic sebagai alternatif.

Di belakang, kuartet Sergi Roberto, Gerard Pique, Clement Lenglet, dan Jordi Alba jadi pilihan. Ada nama Junior Firpo dan Juan Miranda sebagai pelapis Alba, serta Samuel Umtiti sebagai opsi dua bek tengah.

Barcelona juga mengincar bek kanan Norwich City Max Aaron dan Sergino Dest dari Ajax untuk pelapis Roberto. Selain itu bek Jean-Clair Todibo juga tak masuk rencana Koeman dan kemungkinan dijual atau dipinjamkan.

Di posisi penjaga gawang, Koeman mengandalkan sementara Neto karena Marc-Andre ter Stegen cedera. Koeman juga punya Inaki Pena sebagai kiper ketiga.

Nama lain seperti Luis Suarez, Riqui Puiq telah disarankan pergi dari Barcelona. Khusus Puiq, Koeman ingin ia dipinjamkan ke klub lain untuk menambah jam terbang.

(osc/jal)

[Gambas:Video CNN]