Barcelona Cuci Gudang, Raih Rp2,2 Triliun

CNN Indonesia | Kamis, 24/09/2020 11:03 WIB
Barcelona memperoleh Rp2,2 triliun dari hasil cuci gudang menjual pemain di bursa transfer musim ini. Luis Suarez dijual Barcelona ke Atletico. (AFP PHOTO / LLUIS GENE)
Jakarta, CNN Indonesia --

Barcelona memperoleh keuntungan sekitar 130,5 juta euro atau setara dengan Rp2,2 triliun dari hasil cuci gudang menjual pemain di bursa transfer musim ini.

Blaugrana membutuhkan banyak uang untuk melengkapi komposisi skuad di musim ini. Akan tetapi, keuangan yang terdampak pandemi virus corona memaksa tim asuhan Ronald Koeman itu menjual pemain lagi dahulu sebelum mendapatkan pemain incaran.

Sampai dengan saat ini, Barcelona berhasil menjual enam pemain dengan pemasukan mencapai 103,5 juta euro. Keuntungan itu bisa bertambah karena beberapa penjualan seperti Arthur dan Semedo memiliki variabel yang bisa menambah pundi-pundi Barcelona.Sedangkan pemain seperti Arda Turan dan Arturo Vidal dilepas secara gratis.


Keenam pemain yang dijual klub asal Catalunya pada bursa transfer kali ini adalah: Arthur, Nelson Semedo, Carles Perez, Marc Cucurella, Ivan Rakitic, dan Luis Suarez.

Marca melaporkan, Barcelona menjual gelandang Arthur Melo dengan banderol 72 juta euro. Angka itu jadi penjualan tertinggi Blaugrana di bursa transfer kali ini.

[Gambas:Video CNN]

Penjualan tertinggi kedua Barcelona terdapat pada bek kanan Nelson Semedo yang dilepas ke klub Liga Inggris Wolverhampton Wanderers. Bek yang didatangkan Barcelona dari Benfica itu dijual dengan harga 30 juta euro.

Winger Carles Perez jadi pemain termahal ketiga dengan harga 11 juta euro setelah dilepas ke AS Roma. Gelandang muda Cucurella memiliki harga jual 10 juta euro setelah dijual ke Getafe.

Banner Live Streaming MotoGP 2020

Sedangkan Suarez menjadi termahal kelima usai Atletico Madrid mencapai kesepakatan dengan Barcelona untuk harga 6 juta euro. Meski berusia 32 tahun, Ivan Rakitic masih memiliki nilai jual mencapai 1,5 juta euro setelah dilepas ke Sevilla.

Meskipun memiliki keuntungan mencapai Rp2,2 triliun, namun pengeluaran Barcelona untuk mendatangkan sejumlah pemain juga tidak sedikit.

Transfermarkt mencatat Blaugrana merekrut empat pemain di musim ini dengan harga mencapai 73 juta euro atau setara dengan Rp1,27 triliun.

Keempat pemain yang direkrut Barcelona di musim ini adalah: Miralem Pjanic dari Juventus (60 juta euro), Trincao dari Braga (31 juta euro), Matheus Fernandes dari Palmeiras (7 juta euro), dan Pedri dari Las Palmas (5 juta euro).

Dengan total pembelian mencapai 73 juta euro, keuntungan bersih Barcelona di bursa transfer ini mencapai 30,5 juta euro (Rp530 miliar).

(sry/ptr)