Kronologi Rossi Kecelakaan di MotoGP Catalunya 2020

CNN Indonesia | Senin, 28/09/2020 06:02 WIB
Pembalap Yamaha Valentino Rossi mengalami kecelakaan yang membuatnya gagal naik podium di MotoGP Catalunya. Valentino Rossi gagal finis karena mengalami kecelakaan di MotoGP Catalunya. (Mohd RASFAN / AFP)
Jakarta, CNN Indonesia --

Pembalap Yamaha Valentino Rossi mengalami nasib nahas di MotoGP Catalunya, Minggu (27/9). The Doctor mengalami kecelakaan sehingga gagal finis di Sirkuit Barcelona.

Rossi memulai balapan dengan posisi yang bagus. Pembalap berusia 41 tahun itu berada di belakang Franco Morbidelli dan Fabio Quartararo usai mencatat waktu tercepat ketiga saat sesi kualifikasi sehari sebelumnya.

Rossi memulai start dengan sangat baik. Ia berhasil melewati Quartararo untuk tepat berada di belakang sang murid, Morbidelli.


Posisi itu bisa dipertahankan Rossi hingga lap kelima. Memasuki lap keenam, pengoleksi sembilan gelar juara dunia itu turun ke posisi ketiga karena disalip Quartararo di tikungan pertama.

Kesempatan Rossi meraih podium ke-200 di kelas primer (500cc/MotoGP) semakin terbuka lebar di lap ke-13. Kesalahan Morbidelli yang sebelumnya dilewati Quartararo bisa dimanfaatkan Rossi untuk naik ke posisi kedua. Rossi hanya terpaut 0,6 detik dari Quartararo yang memimpin balapan.

Banner gif video highlights MotoGP

Di tengah ambisi untuk finis di podium, Rossi yang tampil agresif justru membuat kesalahan mendasar. Pembalap asal Italia itu kehilangan keseimbangan ban depan meski tak mendapat tekanan dari Morbidelli pada lap ke-16 tikungan dua.

Rossi pun mengalami crash dan tidak bisa melanjutkan balapan saat sudah semakin dekat dengan podium MotoGP Catalunya. Kegagalan finis ini jadi yang kedua buat Rossi dalam kurun waktu sepekan setelah nasib nahas yang juga dialaminya karena jatuh usai menekan tuas rem di MotoGP Emilia Romagna.

Kegagalan finis di MotoGP Catalunya membuat jarak Rossi dengan puncak klasemen pembalap melebar. Rossi yang menempati posisi ke-11 klasemen pembalap kini berjarak 50 poin dari Fabio Quartararo yang berada di puncak dengan enam seri tersisa.

(jal/jal)

[Gambas:Video CNN]