Sirkuit Mandalika MotoGP Indonesia Rampung Juli 2021

jun, CNN Indonesia | Senin, 28/09/2020 21:08 WIB
Mandalika Grand Prix Association (MGPA) menargetkan pekerjaan Sirkuit Mandalika akan rampung pada Juli 2021. Sirkuit MotoGP Mandalikan ditargetkan rampung pada Juli 2021. (ANTARA FOTO/Ahmad Subaidi/foc)
Jakarta, CNN Indonesia --

Mandalika Grand Prix Association (MGPA) menargetkan pekerjaan Sirkuit Mandalika untuk MotoGP Indonesia akan rampung pada Juli 2021.

Chief Strategic and Communication Officer MGPA Happy Harinto menuturkan secara keseluruhan pengerjaan konstruksi sirkuit sejauh ini sudah hampir mencapai 50 persen.

Pekerjaan konstruksi yang dimaksud seperti pembuatan drainase, pekerjaan tanah hingga pengaspalan.


"Konstruksi mudah-mudahan di Juli sudah selesai," kata Happy Harinto kepada CNNIndonesia.com, Senin (28/9).

Dengan target penyelesaian seperti itu, Happy mengatakan Sirkuit Mandalika tidak memungkinkan untuk menggelar tes pramusim. Kendati begitu, ia menegaskan setiap pembalap akan menjajal lintasan sebelum benar-benar berkompetisi di Sirkuit Mandalika dan ini merupakan bentuk dari persyaratan homologasi yang disyaratkan oleh Federation Internationale de Motocyclisme (FIM).

Banner gif video highlights MotoGP

"Pretesting enggak mungkin karena (pekerjaan) belum selesai. Tapi untuk uji coba itu pasti sekitar bulan Juni-Juli 2021," tandasnya.

Sebelumnya, Indonesia dengan Sirkuit Mandalika resmi masuk ke dalam kalender MotoGP 2021. Pada MotoGP 2021, Indonesia akan bergabung dengan dua negara Asia Tenggara lain yang sudah lebih dulu menggelar balapan Grand Prix sepeda motor, yakni Malaysia dan Thailand.

Hanya saja, sejauh ini belum ada informasi mengenai waktu pasti pelaksanaan balapan di Sirkuit Mandalika. Penjualan tiket balapan juga belum tersedia.

Sirkuit Mandalika yang memiliki panjang 4,31 kilometer dengan 17 tikungan ini diklaim akan menjadi sirkuit jalan raya pertama di dunia.

(ryn/jun)

[Gambas:Video CNN]