Rumor Cedera ACL, Van Dijk Bisa Absen 8 Bulan

CNN Indonesia | Minggu, 18/10/2020 13:46 WIB
Bek tangguh Liverpool Virgil van Dijk dikabarkan mengalami cedera anterior cruciate ligament (ACL). Cedera ini bisa membuat Van Dijk absen selama 7-8 bulan. Virgil van Dijk dikabarkan mengalami cedera ACL. (AP/Laurence Griffiths)
Jakarta, CNN Indonesia --

Bek tangguh Liverpool Virgil van Dijk dikabarkan mengalami cedera anterior cruciate ligament (ACL). Cedera ini bisa membuat Van Dijk absen selama 7-8 bulan.

Cedera itu dialami Van Dijk saat Liverpool diimbangi Everton 2-2 pada pekan kelima Liga Inggris di Goodison Park, Sabtu (17/10). Ia cedera usai diterjang kiper Everton, Jordan Pickford pada menit kedelapan pertandingan.

Kejadian itu bermula dari umpan lambung Fabinho kepada Van Dijk. Akan tetapi, saat hendak mengontrol bola, mantan bek Southampton itu langsung disergap Pickford dengan kedua kakinya.


Dalam tayangan ulang, kaki kiri Van Dijk tampak terjepit dengan kedua kaki Pickford. Insiden itu membuat Van Dijk harus ditarik keluar dan posisinya digantikan Joe Gomez.

Liverpool's manager Jurgen Klopp, right, checks on Liverpool's Virgil van Dijk, second right, as he leaves the match with an injury during the English Premier League soccer match between Everton and Liverpool at Goodison Park stadium, in Liverpool, England, Saturday, Oct. 17, 2020. (Cath Ivill/Pool via AP)Virgil van Dijk merupakan sosok pemimpin di jantung pertahanan Liverpool. (AP/Cath Ivill)

Van Dijk lantas dibawa ke rumah sakit usai laga. Pemain asal Belanda itu menjalani pemindaian di bagian lutut untuk memastikan cedera yang dialami.

Pembawa acara BeIN Sports Richard Keys seperti dilansir Daily Express mengatakan dari informasi yang didapat Van Dijk mengalami cedera ACL.

"Informasi yang kami cedera dia cedera ACL. Jika ini kasusnya, maka saya katakan dia selesai. Insiden itu dengan Jordan Pickford, dia akan absen 7-8 bulan jika itu kasusnya," kata Keys.

Banner Live Streaming MotoGP 2020

Liverpool belum mengeluarkan pengumuman resmi terkait cedera yang dialami bek termahal milik mereka. Namun, Klopp usai laga melawan Everton mengungkapkan cedera Van Dijk terlihat buruk.

"Ini tidak bagus. Virgil bermain dengan rasa sakit dan dia tidak pernah melewatkan pertandingan. Saya tidak tahu cedera apa tetapi ini tidak terlihat bagus," kata Klopp.

Jika Van Dijk mengalami cedera ACL maka ini akan jadi masalah besar buat Klopp dan Liverpool. The Reds bakal kehilangan sosok pemimpin di lini belakang dalam waktu lama.

Selain itu, opsi di pertahanan juga menipis karena hanya tinggal memiliki Gomez, Joel Matip, dan bek tengah Sepp van de Berg.

(jal/ptr)

[Gambas:Video CNN]