ANALISIS

Ajax vs Liverpool, Langkah Gamang The Reds Tanpa Van Dijk

Juprianto Alexander & Juprianto Alexander, CNN Indonesia | Rabu, 21/10/2020 18:30 WIB
Liverpool sedang tidak baik-baik saja jelang lawan Ajax Amsterdam di fase grup Liga Champions setelah Virgil van Dijk cedera parah. Liverpool akan tandang ke markas Ajax Amsterdam di Liga Champions. (AP/Paul Ellis)
Jakarta, CNN Indonesia --

Liverpool sedang tidak baik-baik saja jelang lawan Ajax Amsterdam di fase grup Liga Champions, Kamis (22/10) dini hari WIB. Skuad asuhan Jurgen Klopp tengah menghadapi masalah besar yakni cederanya Virgil van Dijk.

Van Dijk terkapar karena cedera anterior cruciate ligament (ACL). Bek termahal milik Liverpool itu diperkirakan menepi minimal tujuh bulan karena cedera tersebut.

Cedera Van Dijk jelas pukulan telak buat Klopp dan rekan-rekan setimnya. Mereka kehilangan salah satu pemimpin di lapangan dan pemain yang paling bisa dipercaya di jantung pertahanan.


Van Dijk sudah membuktikan dua hal itu sejak kedatangannya pada Januari 2018. Bahkan, bek tangguh asal Belanda itu disebut-sebut sebagai salah satu bek tengah terbaik yang pernah berseragam The Reds.

Liverpool's Virgil van Dijk runs with the ball during the English Premier League soccer match between Liverpool and Aston Villa at Anfield Stadium in Liverpool, England, Sunday, July 5, 2020. (Carl Recine/Pool via AP)Liverpool tidak akan diperkuat Virgil van Dijk dalam waktu lama karena cedera parah. (AP/Carl Recine)

Tanpa Van Dijk , ketangguhan pertahanan Liverpool diyakini berkurang. Hal ini lantaran kualitas Joe Gomez atau Joel Matip tidak sebanding dengan Van Dijk.

Absennya Van Dijk ditambah persoalan lini belakang di awal musim ini. Gawang Liverpool sudah kebobolan 15 gol dari tujuh pertandingan di semua ajang pada awal musim ini.

Ini berarti gawang tim kota pelabuhan kebobolan rata-rata dua gol di setiap pertandingan. Catatan ini jelas mengecewakan untuk tim yang dikenal punya pertahanan kokoh dalam beberapa musim terakhir.

Masalah bertambah dengan bakal absennya Matip di laga nanti. Matip diragukan tampil karena juga mengalami cedera usai ditahan imbang Everton 2-2, akhir pekan lalu.

Jika Matip benar-benar absen maka bek berpengalaman yang siap tampil praktis hanya Gomez. Klopp wajib mencari solusi darurat untuk menemani Gomez di laga melawan Ajax.

Arsenal's Alexandre Lacazette and Liverpool's Fabinho, left, fall during the English Premier League soccer match between Liverpool and Arsenal at Anfield in Liverpool, England, Monday, Sept. 28, 2020. (Laurence Griffiths/Pool via AP)Fabinho berpotensi diplot sebagai bek tengah menggantikan Virgil van Dijk. (AP/Paul Ellis)

Mengacu jam terbang, nama Fabinho paling layak dikedepankan untuk laga kontra Ajax. Fabinho termasuk pemain serba bisa di skuad Liverpool.

Pemain asal Brasil itu sebenarnya bermain sebagai bek kanan di awal kariernya bersama Monaco. Fabinho lantas diplot sebagai gelandang bertahan dalam beberapa musim terakhir di Monaco dan posisi itu ditempatinya hingga saat ini.

Dengan kemampuannya beradaptasi di berbagai posisi berbeda dan jam terbang yang tinggi, Fabinho bisa bersanding dengan Gomez.

Fabinho juga pernah diplot sebagai bek tengah saat Liverpool bersua Chelsea di Liga Inggris. Fabinho yang berduet dengan Van Dijk berhasil membuat gawang Alisson Becker tidak kebobolan dan memenangi laga dengan skor 2-0.

Namun, duet Fabinho dan Gomez tetap saja belum teruji untuk menghadapi laga penting selevel Liga Champions. Apalagi, tim yang akan dihadapi kali ini adalah Ajax.

Tim asuhan Erik ten Hag memiliki potensi untuk menghadirkan petaka buat Liverpool. De Godenzonen juga terbukti tetap tim yang berbahaya walau kerap ditinggal pemain-pemain bintang mereka yang memilih hijrah ke tim lain.

Di awal musim ini, Ajax kehilangan Donny van de Beek, Hakim Ziyech, Sergino Dest, hingga Joel Veltman yang berganti klub. Namun, tim ibu kota Belanda itu terlihat baik-baik saja.

Banner Live Streaming MotoGP 2020

Ajax berhasil memenangi empat pertandingan dari lima laga yang sudah dilakoni di pentas Eredivisie. Hasil itu menempatkan Ajax di posisi kedua klasemen sementara.

Tim pengoleksi empat gelar Liga Champions itu juga masih diperkuat David Neres, Dusan tadic, Quincy Promes, hingga anak muda berusia 20 tahun, Antony.

Antony merupakan salah satu top skor sementara Ajax di awal musim ini. Satu nama lain yakni Tadic yang kenyang pengalaman bermain di Liga Inggris saat berseragam Southampton.

Dengan amunisi lini depan yang mereka miliki, Ajax bakal merepotkan pertahanan Liverpool. Tekanan dari para pemain Ajax juga akan jadi ujian awal seberapa tangguh pertahanan Liverpool minus Van Dijk.

Jika Liverpool bisa mengatasi tekanan dan memenangi laga, Klopp bisa tersenyum karena pertahanan timnya baik-baik saja. Jika hal yang sebaliknya terjadi maka Klopp wajib memutar otak untuk mencari pengganti ideal Van Dijk yang harus absen lama.

(jun)


[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK