GSP: Khabib Luar Biasa dan Mengagumkan Saat Hajar Gaethje

CNN Indonesia | Senin, 26/10/2020 22:41 WIB
Legenda UFC Georges St-Pierre (GSP) menilai Khabib Nurmagomedov tampil luar biasa saat mengalahkan Justin Gaethje di UFC 254. GSP memuji penampilan Khabib Nurmagomedov saat mengalahkan Justin Gaethje di UFC 254. (Mike Stobe/Getty Images/AFP)
Jakarta, CNN Indonesia --

Legenda UFC Georges St-Pierre (GSP) memberikan pujian kepada Khabib Nurmagomedov. GSP menilai Khabib tampil luar biasa saat mengalahkan Justin Gaethje di UFC 254.

Khabib memenangi pertarungan lawan Gaethje lewat submission di ronde kedua. Juara dunia kelas ringan UFC itu menghabisi Gaethje menggunakan teknik triangle choke.

"Itu penampilan yang luar biasa. Banyak orang, termasuk saya, berpikir mungkin Justin Gaethje adalah jawaban untuk Khabib. Mungkin Justin Gaethje jadi musuh yang sempurna karena kemampuan gulat dan pukulannya," ujar GSP seperti dikutip dari MMA Fighting.


"Namun, Khabib melakukan-saya tidak akan mengatakan tidak terpikirkan karena Khabib tidak terkalahkan dan dia petarung yang sangat bagus-namun tidak seorang pun mengira Khabib akan menunjukkan penampilan yang terlihat begitu mudah buatnya. Benar-benar mengagumkan."

Saat pertarungan dimulai, Khabib tampil agresif sejak ronde pertama. Petarung berusia 32 itu berani saling bertukar pukulan dan tendangan lawan Gaethje yang diketahui bagus dalam pertarungan atas.

Khabib tidak hanya mengandalkan teknik gulat yang jadi andalan. Saat Gaethje sudah terdesak, Khabib melakukan kuncian yang membuat Gaethje menyerah di ronde kedua.

GSP menilai Khabib menang segalanya atas Gaethje di pertarungan itu. Khabib terus memberikan ancaman saat pertarungan atas dan bawah.

"Dia mengancam Justin saat berdiri, dia juga mengancamnya saat pertarungan bawah. Bahkan di akhir ronde pertama, Justin berada dalam posisi yang benar-benar buruk," kata GSP.

"Justin tampak kewalahan, sepertinya di panik, tidak tahu harus berbuat apa. Ancaman datang dari mana-mana. Dari bawah, dari atas, dari mana saja. Sebuah penampilan yang luar biasa," ia melanjutkan.

Banner Live Streaming MotoGP 2020

Setelah mengalahkan Gaethje, Khabib melontarkan pernyataan mengejutkan yaitu pensiun dari UFC. Khabib memutuskan untuk mengakhiri kariernya karena merasa tidak mampu bertarung tanpa didampingi sang ayah Abdulmanap Nurmagomedov yang meninggal dunia pada 3 Juli 2020.

GSP menghormati keputusan pensiun yang diambil Khabib. Menurutnya, duka yang dialami Khabib jauh di atas nilai-nilai olahraga dan rivalitas para petarung.

Dengan latar belakang itu, GSP menilai membicarakan duel lawan Khabib di saat seperti ini tidaklah tepat.

"Saya menghormati Khabib. Kami di sini melakukan olahraga dan hal yang dialami Khabib melebihi itu, ini tentang kemanusiaan. Saya hanya bisa mendoakan dia dan Khabib yang terbaik. Sebagai penggemar Khabib, saya senang dia bisa mengakhiri kariernya dengan seperti itu."

(jal/jal)


[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK