Pensiun, Khabib Hampir Mustahil Jilat Ludah Seperti McGregor

x, CNN Indonesia | Rabu, 28/10/2020 12:54 WIB
Khabib Nurmagomedov hampir mustahi menjilat ludah soal pensiun seperti halnya Conor McGregor. Khabib hampir mustahil mengikuti jejak McGregor soal kembali dari pensiun. (AFP/Steven Ryan)
Jakarta, CNN Indonesia --

Khabib Nurmagomedov bukan petarung pertama yang pensiun di usia yang relatif muda. Namun sulit melihat Khabib mengikuti jejak Conor McGregor yang pensiun kemudian kembali bertarung di UFC.

McGregor sempat memutuskan pensiun pada pertengahan tahun 2020. Dalam kalimat perpisahannya, McGregor juga sempat mengagungkan sosok Ibu, Margaret.

Namun keputusan McGregor pensiun lebih disebabkan karena aspek teknis, bukan perasaan pribadi atau faktor di luar pertarungan.


McGregor saat itu kecewa dengan UFC yang merasa mengabaikan dirinya dengan tidak memberikan jadwal pertandingan di pertengahan tahun. Padahal McGregor mengatakan ia akan aktif bertarung di 2020 setelah menang TKO atas Donald Cerrone di ronde pertama pada awal tahun.

LAS VEGAS, NEVADA - JANUARY 18: Conor McGregor prepares for his welterweight bout against Donald Cerrone during UFC246 at T-Mobile Arena on January 18, 2020 in Las Vegas, Nevada.   Steve Marcus/Getty Images/AFPMcGregor memutuskan pensiun karena kecewa tak mendapatkan jadwal bertarung dari UFC. (Steve Marcus/Getty Images/AFP)

Pensiun di usia mendekati 32 tahun, McGregor tak butuh waktu lama untuk melupakan ikrarnya tersebut. Ia sudah terlibat beberapa perseteruan panas dan akhirnya bersedia melawan Dustin Poirier pada awal tahun depan.

Persoalan pensiun McGregor lebih sederhana dibanding Khabib. McGregor kecewa merasa diabaikan UFC soal rencana pertarungan. Ketika UFC sudah kembali merangkulnya dan ada tawaran menarik untuk McGregor, keputusan pensiun bisa ditarik dengan mudah,

Beda halnya dengan Khabib. Pensiun Khabib lebih karena faktor personal dan pribadi. Faktor tersebut di luar aspek yang berkaitan dengan pertarungan misal soal bayaran, kekecewaan keputusan UFC, atau cedera berkepanjangan.

Faktor janji pada Ibu bahwa laga lawan Gaethje adalah laga terakhir bakal sulit untuk ditarik kembali oleh Khabib. Menimbang Khabib adalah sosok yang taat pada orang tua, peluang Khabib untuk kembali ke ring makin kecil.

Di waktu mendatang, Khabib jelas bakal mendapatkan godaan dan tawaran untuk kembali turun gunung ke octagon. Namun melihat Khabib selama ini tak pernah tergoda bayaran besar untuk mengiyakan rematch lawan McGregor yang telah menghina dirinya, sulit melihat faktor bayaran bisa mendorong Khabib kembali.

Banner Live Streaming MotoGP 2020

Satu-satunya alasan yang mungkin bisa membuat Khabib kembali bertarung tentu adalah bila sang Ibu kembali memberi restu dirinya untuk berlaga dan tukar pukulan di Octagon. Tanpa hal itu, sulit bagi penggemar UFC untuk melihat Khabib menarik keputusan pensiun seperti halnya McGregor.

(ptr/osc)


[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK