Perbedaan Khabib dan Mayweather Sebagai Petarung Sempurna

x, CNN Indonesia | Rabu, 28/10/2020 20:46 WIB
Berikut perbedaan Khabib Nurmagomedov dan Floyd Mayweather yang sama-sama pensiun tak terkalahkan. Khabib menyamai catatan Floyd Mayweather, pensiun dengan catatan tak terkalahkan. (AP Photo/ Mahmoud Khaled)
Jakarta, CNN Indonesia --

Khabib Nurmagomedov dan Floyd Mayweather Jr. sama-sama mengakhiri karier profesional dengan status tak terkalahkan. Berikut perbedaan kedua petarung.

Mayweather memutuskan pensiun dari dunia tinju dengan rekor tak terkalahkan. Sebelum laga lawan Justin Gaethje, Khabib juga sempat menyinggung nama Mayweather yang pensiun tak terkalahkan.

Dalam kesamaan mereka sebagai petarung yang berhasil pensiun tanpa terkalahkan, berikut perbedaan kedua petarung tersebut:


1. Citra diri

Sebagai petarung MMA, Khabib bisa dibilang sebagai sosok protagonis. Sikapnya yang dianggap rendah hati dan kehebatannya di octagon membuat banyak yang suka pada sosok Khabib.

NEW YORK, NY - JANUARY 14: Floyd Mayweather shouts instructions to Gervonta Davis during his fight against Jose Pedraza during their IBF Junior Lightweight Championship at the Barclays Center on January 14, 2017 in New York City.   Al Bello/Getty Images/AFPFloyd Mayweather lebih dikenal sebagai antagonis yang menaklukkan sosok seperti Oscar De La Hoya dan Manny Pacquiao. (AFP PHOTO)

Sementara itu Floyd Mayweather lebih sering ditempatkan sebagai sosok antagonis. Dalam perjalanan kariernya, Mayweather sukses menghabisi petinju-petinju yang lebih dikenal sebagai 'people's champion' seperti Oscar De La Hoya dan Manny Pacquiao

2. Kelas

Dalam gambaran umum petinju yang terbiasa berpindah kelas, Mayweather berhasil jadi juara dunia di lima kelas yang berbeda.

Sementara itu Khabib hanya berhasil jadi juara UFC di kelas ringan yang merupakan spesialisasinya sejak bergabung ke UFC pada 2012.

3. Presentase Menang Angka

Meski Floyd Mayweather dalam beberapa pertarungan terakhir lebih sering menang angka, namun catatan presentase menang angka miliknya masih minoritas, yaitu 46 persen alias 'hanya' 23 pertarungan dari 50 laga yang ia jalani.

Sedangkan Khabib punya catatan menang angka yang lebih kecil yaitu 34,4% alias hanya 10 pertarungan dari 29 laga yang ia jalani. Khabib lebih sering membuat lawan KO/TKO atau menyerah lewat submission dengan total kemenangan di 19 laga.

Banner Live Streaming MotoGP 2020


4. Pensiun

Floyd Mayweather sudah pensiun pada 2015 namun ia sempat 'melanggar' keputusan itu dengan menghadapi Conor McGregor di 2017. Sejauh ini Mayweather mengaku masih siap bertarung bila mendapat iming-iming bayaran besar sesuai keinginannya.

Sementara itu Khabib sudah bertekad untuk tak lagi bertarung demi memenuhi janji terhadap ibunya. Tekad Khabib ini tentu bakal diuji untuk waktu yang lama karena di tahun-tahun mendatang tetap bakal ada sejumlah tawaran menarik untuknya

(ptr/ptr)


[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK