Presiden Bentuk Tim Khusus Bidding Tuan Rumah Olimpiade 2032

jun, CNN Indonesia | Rabu, 04/11/2020 12:52 WIB
Presiden Joko Widodo (Jokowi) memerintahkan pembentukan komite khusus untuk memenangkan Indonesia dalam bidding tuan rumah Olimpiade 2032. Presiden Jokowi minta pembentukan komite khusus bidding tuan rumah Olimpiade 2032. (Biro Setpres/Kris)
Jakarta, CNN Indonesia --

Presiden Joko Widodo (Jokowi) memerintahkan pembentukan komite khusus untuk memenangkan Indonesia dalam bidding tuan rumah Olimpiade 2032.

Hal itu disampaikan Presiden dalam Rapat Terbatas (Ratas) mengenai persiapan pencalonan Indonesia sebagai tuan rumah Olimpiade 2032 secara virtual, Rabu (4/11).

Keinginan Presiden supaya Indonesia menjadi tuan rumah Olimpiade berkaca pada sukses penyelenggaraan Asian games dan Asian Paragames di 2018.


Sukses tersebut dikatakan Presiden membuka rasa percaya diri bangsa juga membuka mata dunia bahwa Indonesia mampu jadi tuan rumah yang baik dalam event internasional.

"Sebab itu pada 2018 kita secara resmi telah mencalonkan untuk menjadi tuan rumah Olimpiade 2032. Dan untuk jadi tuan rumah Olimpiade 2032 kita bersaing dengan Australia, Qatar, Jerman, unifikasi Korea, dan India. Bahwa untuk jadi tuan rumah Olimpiade ini bukan sesuatu gagah-gagahan, tapi salah satu cara untuk meningkatkan citra dan martabat bangsa," kata Presiden Jokowi.

Wayang raksasa dipentaskan dalam upacara Penutupan Asian Para Games 2018 di Stadion Madya, Senayan, Jakarta, Sabtu (13/10). Upacara penutupan Asian Para Games digelar dengan mengusung tema The Celebrations of Wonder.Indonesia sukses gelar Asian Games dan Asian Paragames 2018. (CNN Indonesia/Adhi Wicaksono)

Presiden berharap pencalonan Indonesia menjadi tuan rumah Olimpiade 2032 dijadikan momentum untuk menata dan memperbaiki diri segala kekurangan. Mulai infrastruktur keolahragaan, prestasi atlet, visibilitas global sebagai kota penyelenggara dan sebagainya.

"Kedua, saya dengar NOC menetapkan norma baru tuan rumah yang hemat biaya. Ini penting untuk dipelajari. Filosofi baru ini bertujuan bahwa Olimpiade bukan menunjukkan kemewahan tapi sejauh mana inovasi dan kreativitas bisa diimplementasikan dengan lebih sederhana."

"Ketiga, saya minta roadmap pencalonan disiapkan dengan baik berdasarkan tenggat waktu dengan baik sesuai yang telah ditetapkan IOC. Penetapan tuan rumah akan ditetapkan 2024, proses seleksi dimulai selambat-lambatnya pada 2023," jelas Presiden.

Menpora Zainudin Amali mengatakan Presiden menyampaikan sejumlah hal yang harus dipersiapkan untuk menjadi tuan rumah Olimpiade 2032.

"Tadi Presiden memberi arahan kepada kami untuk pertama segera menyiapkan tim dalam bentuk komite khusus untuk mempersiapkan biding tuan rumah Olimpiade 2032. Kedua, menyiapkan anggaran dan ketiga mempersiapkan berbagai hal yang berkaitan dengan proses bidding itu dalam bentuk proposal bersama dengan Komite Olimpiade Indonesia dan kementerian lembaga terkait," kata Menpora Zainudin.

Banner Live Streaming MotoGP 2020

Sementara itu, Ketua National Olympic Committee (NOC) Indonesia, Raja Sapta Oktohari menegaskan bahwa Presiden Jokowi menginginkan Indonesia harus bisa menang bidding dan menjadi penyelenggara Olimpiade 2032.

Menyoal pembentukan komite khusus bidding Olimpiade 2032, Okto mengatakan perintah Presiden bahwa hal-hal terkait akan dibahas dalam rapat koordinasi lanjutan di antara stakeholder olahraga Indonesia dan kementerian terkait.

"Komite khusus ini adalah yang bertanggung jawab untuk memenangkan proses bidding, jadi untuk untuk diketahui tugas Komite ini adalah untuk memenangkan Indonesia sebagai tuan rumah Olimpiade dan Paralimpiade 2032. Nanti kita akan kaji dan kita akan diskusi dengan para stakeholder dari kementerian dan lembaga terkait," jelas Okto.

"Harapannya dalam waktu dekat bisa segera terbentuk agar kita bisa segera melakukan langkah-langkah yang konkret untuk memenangkan Indonesia sebagai tuan rumah Olimpiade maupun Paralimpiade 2032," imbuhnya.

Menpora, Zainudin Amali saat memimpin upacara pengukuhan kontingen atlet Indonesia untuk SEA Games 2019 di Hall Bola Basket, GBK, Jakarta, Rabu, 27 November 2019. CNN Indonesia/Bisma SeptalismaMenpora, Zainudin Amali siap dukung bidding tuan rumah Olimpiade 2032. (CNN Indonesia/ Bisma Septalisma)

Terkait legalitas Komite khusus bidding Olimpiade 2032, Okto memastikan akan dilengkapi dengan perangkat hukum berupa Surat Keputusan (SK) Presiden. Sebab komite khusus ini juga akan bertanggung jawab untuk mengurus pengajuan permohonan dan anggaran yang segera disusun.

"Untuk persiapan bidding ini membutuhkan anggaran tahun jamak. Bahwa tiga tahun ke depan kita butuh dukungan pemerintah yang sifatnya konsultasi. Tadi kami juga mendapatkan dukungan langsung dari Bapak Presiden dan juga Menteri Keuangan yang setelah ini tentunya kita akan duduk bersama untuk membahas lebih lanjut," ujarnya.

Untuk memantapkan langkah Indonesia dalam memenangkan bidding Olimpiade 2032, lanjut Okto, dalam waktu dekat NOC Indonesia akan berkunjung ke markas Komite Olimpiade Internasional (IOC) di Laussane, Swiss. Bahkan, menurut Okto, jika memungkinkan Presiden Jokowi juga akan datang langsung ke kantor IOC.

"Presiden ini kan membawa harkat dan martabat bangsa dalam setiap kunjungannya. Jadi setelah finalisasi dan pasti kita menang bidding, baru Presiden akan berkunjung ke IOC," tutupnya.

(ctr/jun)


[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK