Cara PSSI Seleksi Pemain Keturunan Buat Timnas Indonesia U-19

CNN Indonesia | Selasa, 17/11/2020 15:55 WIB
PSSI membeberkan proses penyeleksian pemain keturunan yang berpeluang gabung Timnas Indonesia U-19 di Piala Dunia U-20 2021. PSSI masih seleksi sembilan pemain keturunan untuk Timnas Indonesia U-19. (Dok. PSSI)
Jakarta, CNN Indonesia --

PSSI melalui Direktur Teknik, Indra Sjafri, membeberkan proses penyeleksian pemain keturunan yang berpeluang gabung Timnas Indonesia U-19 di Piala Dunia U-20 2021.

Indra Sjafri mengatakan nama-nama pemain keturunan yang dipantau PSSI bersumber dari media hingga media sosial.

"Dari semua informasi yang kami dapat kurang lebih ada 40 nama. Kemudian kami verifikasi lewat CV (curiculum vitae) dan tersaring 30 pemain," kata Indra Sjafri di Stadion Madya Senayan, Selasa (17/11).


Setelah itu, dari 30 nama yang lolos verifikasi dimasukkan ke divisi legal PSSI untuk dicek lanjutan terkait kemungkinan membela Timnas Indonesia U-19. Sayang, Indra Sjafri tidak bisa menyebut nama-nama pemain keturunan yang dimaksud.

Latihan Perdana Timnas Indonesia U-19 di KroasiaJack Brown sudah mengikuti pemusatan latihan di Kroasia. (dok. PSSI)

Menurutnya, pemilihan, pemanggilan maupun pemulangan pemain di Timnas U-19 merupakan hak prerogatif pelatih Shin Tae Yong.

Banner Live Streaming MotoGP 2020

"Dari situ dilihat mana yang paling memungkinkan memenuhi persyaratan FIFA dan Undang-Undang Nomor 12 [Tahun 2006 tentang Kewarganegaraan Republik Indonesia]. Setelah itu kami lihat videonya dan kami dapatkan sembilan pemain," tutur Indra.

Dari sembilan pemain itu, dua di antaranya sudah dilihat secara langsung kemampuannya oleh Shin Tae Yong ketika Timnas U-19 menggelar pemusatan latihan (TC) di Kroasia. Keduanya yakni Kelana Noah Mahesa dan Luah Fynn Jeremy Mahesa yang merupakan pemain blasteran Jerman-Indonesia.

"Yang satu masuk [Kelana], yang satu lagi tidak [Luah]. Yang tujuh lagi nanti akan di tes. Makanya kemarin kami minta TC di Belanda, supaya cepat anak-anak itu bergabung karena mereka ada di Belanda," ucap Indra Sjafri.

Selain sembilan pemain keturunan yang masuk daftar, PSSI sudah mendapatkan dua pemain keturunan lain yang telah mengikut TC bersama Timnas U-19 sebelumnya. Keduanya yakni pemain keturunan Inggris-Indonesia, Elkan Baggott dan Jack Brown.

Baggott merupakan pemain yang saat ini memperkuat Ipswich Town dan Brown sebelumnya tergabung di Lincoln City U-18. Keduanya juga ikut menjalani TC di Kroasia. Bahkan, Brown juga ikut latihan saat Timnas U-19 TC di Jakarta saat ini.

(TTF/jun)


[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK