Ketua PSSI: Latihan Virtual Bikin Stamina Timnas U-19 Kendur

jun, CNN Indonesia | Selasa, 17/11/2020 19:27 WIB
Ketua Umum PSSI Mochamad Iriawan menyebut stamina pemain Timnas Indonesia U-19 mengendur setelah menjalani latihan virtual selama sepekan. Timnas Indonesia U-19 belum mendapatkan izin berlatih ke Korea Selatan. (ANTARA FOTO/GALIH PRADIPTA)
Jakarta, CNN Indonesia --

Ketua Umum PSSI Mochamad Iriawan menyebut stamina pemain Timnas Indonesia U-19 mengendur setelah menjalani latihan virtual selama sepekan.

Sebelumnya, Timnas U-19 digembleng ketat selama dua bulan saat TC di Kroasia. Sepulangnya dari Kroasia, pemain mendapatkan libur selama sepekan dilanjutkan latihan virtual dari rumah masing-masing selama dua minggu.

David Maulana dkk baru kembali berkumpul dan menjalani pemusatan latihan (TC) lanjutan di Stadion Madya, Senayan, Jakarta, sejak Senin (16/11).


"Pagi ini saya melihat latihan mereka di lapangan di hari kedua. Sebelumnya mereka latihan virtual meskipun latihan di sini tanpa pelatih kepala, Shin Tae Yong, tapi dia melihat terus melalui video secara real time."

"Saya lihat ini anak-anak staminanya mulai kendur karena kemarin kan latihan virtual. Mudah-mudahan latihan digenjot terus jadi akan maksimal lagi staminanya," ungkap Iriawan atau Iwan Bule.

Banner Live Streaming MotoGP 2020

Dari 38 nama pemain yang dipanggil untuk mengikuti TC kali ini, ada 11 nama baru yang ikut sertakan. Empat di antaranya merupakan wajah baru dan sisanya pernah dipanggil sebelumnya.

"Pemain baru saya lihat semangat mereka juga luar biasa. Tadi ada yang [kedodoran saat latihan] dari Persija, mudah-mudahan mereka harus bisa menyesuaikan. Mereka harus kerjakan porsi latihan lebih, di klubnya mereka kan juga latihan," terangnya.

Sementara itu, pada TC di Jakarta kali ini, latihan dipimpin Asisten Pelatih Nova Arianto dibantu pelatih lokal lainnya. Sebab, Shin Tae Yong dan staf pelatih asing lain saat ini sedang pulang kampung ke Korea Selatan.

Meski begitu, materi latihan yang diberikan diberikan langsung oleh Shin Tae Yong berdasarkan program road map yang telah dibuat sebelumnya. Shin Tae Yong juga memantau proses latihan secara virtual melalui video siaran langsung.

"Saya minta kepada pelatih kita yang ada di sini untuk menerapkan latihan seperti Shin Tae Yong ada di sini, karena programnya sudah ada. Sehingga staminanya bisa terjaga."

"Tentunya ini akan kami lakukan untuk menjaga performa stamina mereka, karena mereka yang akan tampil di Piala Dunia U-20 2021. Ini terus kami lakukan sesuai dengan roadmap, sampai kami tunggu kepastian TC ke luar negeri. Mereka akan tetap terus kami kawal sehingga stamina dan skill bisa tetap tampil prima," jelasnya.

Lanjut Iwan Bule, rencananya Shin Tae Yong baru akan kembali ke Jakarta paling lambat 1 Desember mendatang. Saat ini, pelatih 50 tahun itu tengah berlibur dan bertemu keluarga setelah hampir tiga bulan bekerja buat Timnas U-19.

(TTF/jun)


[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK