Liga Spanyol Batasi Gaji, Barcelona Paling Parah

CNN Indonesia | Rabu, 18/11/2020 01:56 WIB
Barcelona terkena dampak paling besar dari aturan pembatasan gaji La Liga Spanyol yang merupakan dampak pandemi Covid-19. Barcelona terkena dampak paling besar dari aturan pembatasan gaji. (AP/Joan Monfort)
Jakarta, CNN Indonesia --

Barcelona terkena dampak paling besar dari aturan pembatasan gaji La Liga Spanyol yang merupakan dampak pandemi Covid-19.

Batas gaji Barcelona dikurangi hampir 300 juta euro, sementara pengeluaran Real Madrid untuk pembayaran upah pemain dipangkas 172,5 juta euro dan Atletico Madrid juga dikurangi 131,8 juta euro.

"Kami membuat perubahan dalam tiga bagian dari aturan pengendalian keuangan dan dalam peraturan serta undang-undang karena Covid-19," ujar Direktur Utama La Liga, Jose Guerra.


"Ini merupakan akibat yang tidak terduga dan kami harus beradaptasi sehingga klub bisa melakukan penyesuaian. Sanksi juga telah diubah. Kami butuh waktu untuk menyesuaikan diri dengan situasi ini," tambahnya.

Musim lalu Barcelona memiliki batas pengeluaran gaji hingga 671 juta euro atau yang terbesar di Spanyol. Kini Blaugrana hanya boleh mengeluarkan biaya gaji pemain 382,7 juta euro saja.

Barcelona's Gerard Pique fights for the ball against Real Madrid's Karim Benzema during the Spanish La Liga soccer match between FC Barcelona and Real Madrid at the Camp Nou stadium in Barcelona, Spain, Saturday, Oct. 24, 2020. (AP Photo/Joan Monfort)Barcelona dan Real Madrid terkena imbas pandemi Covid-19 secara finansial. (AP Photo/Joan Monfort)

Sejak pandemi Covid-19 turut menerpa dunia olahraga, Barcelona sudah merasakan efeknya dan melakukan pemotongan gaji pemain. Klub asal Catalunya itu kemudian melepas pemain-pemain dengan gaji besar seperti Luis Suarez, Ivan Rakitic, dan Arturo Vidal.

Sementara pemain-pemain seperti Marc-Andre Ter Stegen, Frenkie De Jong, Clement Lenglet, dan Gerard Pique sepakat mengurangi gaji.

Kendati demikian, seperti dikutip dari ESPN, presiden interim Barcelona Carles Tusquets menyebut klub masih harus memotong gaji hingga 190 juta euro lagi dan proses negosiasi dengan pemain masih berlangsung hingga saat ini.

Madrid mengambil alih posisi klub dengan pengeluaran gaji terbesar dengan batas 468,5 juta euro. Jumlah tersebut tetap lebih sedikit ketimbang pengeluaran gaji Los Blancos musim lalu yang mencapai 641 juta euro.

Sementara batas gaji Atletico dikurangi dari 384,5 juta euro menjadi 252,7 juta euro. Sedangkan batasan gaji terendah La Liga menjadi milik Elche yang hanya boleh mengeluarkan 34,6 juta euro.

Banner Live Streaming MotoGP 2020

Secara keseluruhan, 20 klub La Liga hanya diperkenankan mengeluarkan total 2,33 triliun euro untuk gaji pemain atau lebih kecil 610 juta euro dibanding musim lalu.

Batasan pengeluaran gaji sudah dilakukan La Liga sejak 2013 guna menjaga pengelolaan keuangan klub. Batasan untuk pengeluaran gaji mencakup pemain tim utama, staf pelatih, tim pelapis, pemain muda dan klub serta akademi yang terafiliasi.

(nva/nva)


[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK