Menpora Optimistis Sirkuit Mandalika Gelar MotoGP 2021

CNN Indonesia | Rabu, 25/11/2020 14:05 WIB
Menteri Pemuda dan Olahraga Zainudin Amali optimistis Sirkuit Mandalika di Lombok, NTB, bakal menggelar balapan MotoGP 2021 mendatang. Menpora Zainudin Amali optimis Sirkuit Mandalika bisa menggelar MotoGP 2021 mendatang. (Dok. Kemenpora).
Jakarta, CNN Indonesia --

Menteri Pemuda dan Olahraga Zainudin Amali optimistis Sirkuit Mandalika di Lombok, Nusa Tenggara Barat (NTB) bakal menggelar seri balapan MotoGP 2021 mendatang.

Optimisme itu diungkapkan Menpora usai meninjau langsung pembangunan Sirkuit Mandalika, Selasa (24/11).

"Saya optimis sesuai dengan perencanaan kita bahwa pekerjaan ini akan selesai," kata Zainudin disela peninjauannya melalui rilis yang diterima CNNIndonesia.com, Rabu (25/11).


Selama berada di lokasi Sirkuit Mandalika, Zainudin mengamati betul pembangunan sirkuit yang memiliki panjang lintasan 4,31 km ini. Proses pengerjaannya pun terus dikebut supaya bisa selesai tepat waktu dan memenuhi standar persyaratan untuk mendapatkan homologasi dari Dorna dan FIM (Federasi Internasional Balap Motor).

"Perencanaan yang dipersiapkan oleh ITDC (Indonesia Tourism Development Corporation) bersama pemerintah pusat dan pemerintah daerah tetap jalan ya," ucapnya.

MotoGP Andalusia 2020Menpora Zainudin Amali yakin MotoGP 2021 di Mandalika bakal terlaksana. (Dorna Sports).

Menpora menambahkan, fasilitas yang akan digunakan MotoGP nantinya juga terus dipersiapkan dengan sebaik mungkin. Dia berharap, Dorna selaku operator MotoGP bisa memberikan hasil positif sehingga MotoGP yang diharapkan bisa terselenggara.

"Tugas kita menyiapkan dengan sebaiknya fasilitas yang akan digunakan untuk MotoGP. Dorna nanti akan datang melihat dan kita harap mereka puas melihat pekerjaan kita dan MotoGP akan berlangsung di Indonesia," ujar Zainudin.

Menyoal tanggal pasti penyelenggaraan MotoGP Indonesia yang sampai saat ini masih abu-abu, dia menyerahkan semuanya kepada Dorna.

"Dorna (operator MotoGP) pasti akan memberikan penilaian terhadap upaya yang dilakukan ITDC dan pemerintah. Kita harapkan walaupun sekarang pandemi, soal jadwal itu sepenuhnya menjadi kewenangan Dorna untuk menentukan," sebutnya.

Banner gif video highlights MotoGP

Lebih lanjut, dia menerangkan, sinergi antarpihak menjadi kunci dalam menyukseskan MotoGP di Mandalika. Kedatangannya dalam meninjau sirkuit menjadi bukti penegasan bahwa event tersebut masih tetap dalam progres.

"Saya punya keyakinan dengan kolaborasi diantara pemerintah pusat, pemerintah daerah, kemudian ITDC serta kontraktor, semua bersinergi dengan baik," ujarnya.

"Sekaligus saya meyakinkan kepada masyarakat, saya dengar penjelasan Pak Gubernur dan ITDC, saya optimis MotoGP Mandalika 2021 Insya Allah akan terlaksana. Informasi dari ITDC, itu masih on progress," jelas Zainudin.

Penegasan yang sama juga disampaikan Dirut ITDC Abdulbar M Mansoer. Ia optimis pelaksanaan MotoGP Mandalika tahun depan bisa terlaksana.

"Sirkuit sedang dibangun, dan seperti apa yang disampaikan Pak Menpora, kita optimis MotoGP bisa terlaksana tahun depan," imbuh Abdulbar.

(nva)

[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK