Bukan yang Terhebat, Tyson Disebut Tak Bisa Kalahkan Ali

CNN Indonesia | Jumat, 27/11/2020 15:17 WIB
Promotor Tinju Frank Warren menganggap nama Mike Tyson terlalu dibesar-besarkan dan tidak memiliki kemampuan mengalahkan Muhammad Ali. Mike Tyson (kanan) dinilai tak layak masuk 10 petinju terbaik di kelas berat. (Al Bello/Getty Images/AFP)
Jakarta, CNN Indonesia --

Promotor Tinju Frank Warren menganggap nama Mike Tyson terlalu dibesar-besarkan dan tidak memiliki kemampuan mengalahkan legenda tinju kelas berat Muhammad Ali.

Tyson akan kembali naik ring pada 28 November menghadapi Roy Jones Jr. setelah 15 tahun lalu tampil terakhir kali melawan Kevin McBride yang berakhir dengan kekalahan.

Bagi Warren, Tyson tidak bisa mempertahankan kemampuan sehingga layak masuk jajaran 10 besar terbaik di kelas berat.


"Dia adalah orang jalanan, kebanyakan petinju berasal dari jalanan dan dia mengalahkannya. Tetapi dia tidak pernah bisa mengintimidasi Evander Holyfield dan dia tidak mengintimidasi Buster Douglas," kata Warren menyebut dua petinju yang mengalahkan Tyson.

"Saat saya mempertemukan dia dengan Danny Williams [tahun 2004] di masa akhir kariernya, saya bilang ke Danny, 'bersiaplah beberapa ronde saja. Dia akan seperti Mike Tyson yang lama pada dua ronde, setelah itu kamu yang bekerja.' Itulah yang dia lakukan,' tutur Warren mengenai kemenangan Williams atas Tyson.

Mike Tyson (C), the former world heavyweight boxing champion, leaves Marion County Courthouse in Indianapolis, Indiana, flanked by his associate attorney Jim Voyles (R) and a police officer (L), after a 13 June 1994 sentence-reduction hearing.  Tyson, who was convicted of rape, is scheduled to be released 25 March. (COLOR KEY: Tyson wears blue trousers.) AFP PHOTO (Photo by EUGENE GARCIA / AFP FILES / AFP)Karier Mike Tyson terganggu masalah kriminalitas. (Photo by EUGENE GARCIA / AFP FILES / AFP)

Menurut Warren, Tyson mencapai puncak pada usia muda dan tidak mampu bertahan lama. Obat terlarang dan berbagai skandal disebut Warren sebagai kelemahan Si Leher Beton.

Meski Warren mengakui masa muda Tyson yang gemilang, promotor yang turut membesarkan nama Naseem Hamed, Frank Bruno, Amir Khan, dan Tyson Fury itu menganggap mantan juara kelas berat WBA, WBC, dan IBF tersebut tidak bisa mengalahkan petinju-petinju dari era 1970-an.

"Di masa terbaiknya, apakah dia bisa mengalahkan Muhammad Ali saat Ali berada di masa jayanya? Itu akan menjadi pertarungan yang luar biasa," ucap Warren dikutip dari talkSport.

"Tetapi saya pikir dia tidak akan mengalahkan Sonny Liston, saya pikir dia tidak akan mengalahkan Larry Holmes, saya pikir dia tidak akan mengalahkan Ali, saya pikir dia tidak akan mengalahkan Joe Frazier dan tentu dia tidak akan mengalahkan George Foreman," tukasnya.

(nva/ptr)

[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK