Buat Barcelona Rugi Rp50,5 Juta, Messi Dipuji Pelatih

CNN Indonesia | Senin, 30/11/2020 13:52 WIB
Perayaan gol Lionel Messi yang berbuntut denda Rp50,5 juta untuk Barcelona justru mendapat pujian dari juru latih Blaugrana, Ronald Koeman. Lionel Messi mengenakan seragam Newell's Old Boys lawas dibalik jersey Barcelona. (AP/Joan Monfort)
Jakarta, CNN Indonesia --

Perayaan gol Lionel Messi yang berbuntut denda Rp50,5 juta untuk Barcelona justru mendapat pujian dari juru latih Blaugrana, Ronald Koeman.

Koeman menilai gestur Messi merayakan gol sembari mengenang legenda sepak bola Argentina itu adalah perilaku yang terpuji.

"Ini adalah hal yang dilakukan seorang pemain hebat, pertama karena permainan dan golnya, dan kedua karena sikap terhadap Maradona," kata mantan pemain dan pelatih timnas Belanda tersebut.


Koeman bahkan terkejut karena tidak mengetahui rencana Messi merayakan gol dengan mengenakan kostum Newell's Old Boys.

"Itu adalah sesuatu yang sangat hebat dalam segala hal. Saya tidak tahu Leo akan melakukan perayaan itu," ujar Koeman dikutip dari Yahoo Sports.

Netherlands' coach Ronald Koeman reacts during the UEFA Nations League football match Germany v the Netherlands in Gelsenkirchen on November 19, 2018. (Photo by Patrik STOLLARZ / AFP)Ronald Koeman memberi apresiasi kepada Lionel Messi lantaran merayakan gol dengan mengenang Diego Maradona. (Photo by Patrik STOLLARZ / AFP)

Setelah mencetak gol keempat dalam kemenangan 4-0 Barcelona atas Osasuna, Minggu (29/11), Messi lantas merayakan gol. Selepas berkerumun bersama rekan-rekannya, pemain 33 tahun itu melakukan selebrasi sendiri dengan melepas jersey Barcelona dan memperlihatkan seragam klub Newell's Old Boys.

Newell's merupakan klub yang pernah dibela Maradona, sementara Messi juga merupakan didikan dari tim junior klub tersebut.

GIF Banner Promo Testimoni

Atas gaya perayaan gol tersebut, Messi mendapat kartu kuning. Barcelona pun tak luput dari hukuman dan dijatuhi denda 3 ribu euro atau sekitar Rp50,5 juta.

Perayaan gol tersebut dianggap melanggar pasal 91 Kode Disiplin RFEF tentang selebrasi. Sanksi tersebut tidak hanya berlaku di Spanyol tetapi juga diterapkan di seluruh kompetisi resmi sepak bola dunia karena mengacu pada aturan FIFA.

(nva/ptr)


[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK