Stephanie Frappart, Wasit Wanita Pertama di Liga Champions

CNN Indonesia | Selasa, 01/12/2020 03:38 WIB
Stephanie Frappart akan jadi wasit wanita pertama di ajang Liga Champions dengan memimpin duel Juventus vs Dynamo Kiev. Stephanie Frappart akan pimpin laga JUventus vs Kiev. (AFP/JEAN-FRANCOIS MONIER)
Jakarta, CNN Indonesia --

Stephanie Frappart akan jadi wasit wanita pertama di ajang Liga Champions dengan memimpin pertandingan Juventus melawan Dynamo Kiev di Stadion Allianz, Kamis (3/12) dini hari waktu Indonesia.

Pada pertandingan nanti Frappart akan didampingi Hicham Zakrani dan Mehdi Rahmouni. Sementara Karim Abed akan jadi wasit keempat dan Benoit Millot jadi wasit VAR.

Dikutip dari AFP, duel Juventus vs Kiev di Grup G nanti akan jadi laga Liga Champions pertama yang dipimpin wasit wanita.


Meski demikian, Stephanie Frappart memiliki segudang pengalaman memimpin laga sepak bola pria. Menurut Bleacher Report, selain di Liga Champions, Frappart juga mencatatkan rekor sebagai wasit wanita pertama di Ligue 2 Prancis, Ligue 1, Piala Super Eropa, dan pertandingan internasional pria.

Dikutip dari Transfermarkt, pada musim ini Frappart sudah dua kali memimpin pertandingan di Liga Europa, 1 laga di UEFA Nations League, 5 pertandingan Liga Prancis, dan 2 laga Ligue 2.

[Gambas:Video CNN]


Laporan AFP menyebutkan, Frappart yang menjadi wasit saat berusia 13 menjadi wasit wanita pertama di Ligue 2 pada 2014. Wasit 36 tahun itu pun naik kasta ke Ligue 1 lima tahun berselang.

Debutnya di UEFA Nations League terjadi pada September lalu ketika memimpin partai Malta vs Latvia.

GIF Banner Promo Testimoni

Frappart mengikuti jejak dua pelopornya Nicole Petignat dari Swiss dan Bibiana Steinhaus dari Jerman. Petignat memimpin pertandingan Piala UEFA pada 2003 sedangkan Steinhaus jadi wasit di Liga Jerman.

"Pada saat yang sama merupakan keistimewaan, kehormatan, dan tanggung jawab," kata Frappart dikutip dari AFP.

"Saya berharap, karier saya akan mendorong wanita-wanita muda terlibat menjadi wasit," ucap Frappart melanjutkan.

Performa Frappart dan asistennya pada Piala Super Eropa 2019 juga mendapat pujian dari pelatih Liverpool Jurgen Klopp.

(sry/sry)
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK