Kronologi Barito Putera Lepas Bagus Kahfi ke FC Utrecht

jun, CNN Indonesia | Rabu, 02/12/2020 12:53 WIB
Setelah mengalami negosiasi alot, Barito Putera akhirnya resmi melepas Bagus Kahfi ke FC Utrecht yang bermain di Eredivisie Liga Belanda. Bagus Kahfi selangkah lagi gabung FC Utrecht. (CNN Indonesia/Bisma Septalisma)
Jakarta, CNN Indonesia --

Setelah mengalami negosiasi yang terbilang alot, Barito Putera akhirnya resmi melepas Bagus Kahfi ke FC Utrecht yang bermain di Eredivisie Liga Belanda.

Minat FC Utrecht untuk merekrut Bagus Kahfi sebenarnya berawal saat sang pemain mengikuti program Garuda Select beberapa waktu lalu.

Bagus salah satu pemain yang cemerlang di tim Garuda Select jilid II yang menggelar pemusatan latihan di Inggris dan Italia pada Oktober 2019 hingga Maret 2020. Total 16 gol berhasil ditorehkan Bagus di program tersebut.


Namun, Bagus mendapat cedera serius saat Garuda Select berhadapan dengan Reading U-18 pada awal Maret lalu. Pemain kelahiran Magelang itu menderita cedera di bagian pergelangan kaki kiri.

Setelah menjalani operasi dan perawatan di Inggris, Bagus dikirim ikut latihan di FC Utrecht atas rekomendasi pelatih Garuda Select, Dennis Wise.

Ketua Umum PSSI, Mochamad Iriawan memastikan Bagus Kahfi bakal bergabung dengan Utrecht setelah dilepas secara gratis oleh Barito Putera. Arsip Ketua PSSIKetua Umum PSSI, Mochamad Iriawan memastikan Bagus Kahfi bakal bergabung dengan Utrecht setelah dilepas secara gratis oleh Barito Putera. (Arsip Ketua PSSI)

Wise menyarankan FC Utrecht merekrut Bagus yang dianggap punya talenta untuk bersaing di level Eropa. FC Utrecht menerima saran itu dan mengirimkan surat permohonan ke Barito untuk merekrut Bagus.

Namun, Barito enggan melepas bagus begitu saja. Manajemen Laskar Antasari meminta jaminan Bagus dikembalikan ke Barito jika kontraknya sudah selesai. Selain itu pihak klub meminta kompensasi karena sang pemain terikat kontrak hingga 2021.

Utrecht menolak memberikan kompensasi dan menarik tawaran pada 27 November 2020. Bagus Kahfi kecewa dan meluapkan kekesalannya di Twitter.

"Karena hal yang saya tidak mengerti, mimpi saya harus terhenti. Janji, janji , janji. Sayang kali ini tidak berarti," tulis Bagus.

PSSI selaku federasi mencoba untuk menjadi menjembatani Bagus dan Barito. Ketua PSSI Mochamad Iriawan bertemu langsung dengan CEO Barito Putera Hasnuryadi Sulaiman dan Bagus, Selasa (1/12) malam.

GIF Banner Promo Testimoni

Barito akhirnya melepas Bagus ke Utrecht demi kepentingan sang pemain dan Timnas Indonesia U-19.

"Jadi saya mau memastikan kalau Bagus dan Barito Putera urusannya sudah selesai. Saya ingin tahu si Bagus nyaman dan sudah akrab dengan klub yang akan dia mainkan [FC Utrecht] dan Barito Putera ikhlas melepas dengan gratis, begitu. Luar biasa itu Pak Hasnur," kata Iriawan melalui sambungan telepon kepada CNNIndonesia.com, Rabu (2/12).

Sementara Hasnuryadi berharap bergabungnya Bagus dengan klub Eropa bisa membawa kebaikan buat Timnas Indonesia dan Indonesia secara umum.

"Mudah-mudahan berkah dan membawa kebaikan untuk Timnas dan NKRI tentunya," ujarnya.

(jun/nva)


[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK