Messi Didenda Rp10 Juta Usai Selebrasi untuk Maradona

CNN Indonesia | Kamis, 03/12/2020 00:10 WIB
Lionel Messi mendapat denda sekitar Rp10,2 juta dari Komite Kompetisi terkait selebrasi penghormatan kepada Diego Maradona. Selain Barcelona, Lionel Messi juga didenda terkait selebrasi untuk Diego Maradona. (AP/Joan Monfort)
Jakarta, CNN Indonesia --

Kapten Barcelona Lionel Messi mendapat denda 600 euro atau setara dengan Rp10,2 juta dari Komite Kompetisi Federasi Sepak Bola Kerajaan Spanyol (RFEF) terkait selebrasi penghormatan kepada Diego Maradona.

Dikutip dari Sport, hukuman tersebut dijatuhkan Komite Kompetisi kepada La Pulga pada Rabu (2/12) waktu setempat. Messi disanksi lantaran dinilai melanggar Pasal 91 tentang Kode Disiplin.

"Di sisi lain, dan meskipun alasan terpuji untuk melepas jersey terbukti sebagai penghormatan atas kematian Diego Armando Maradona, kenyataannya adalah bahwa pasal 91 dari Kode Disiplin saat ini tidak menetapkan alasan apa pun untuk pengecualian dari tanggung jawab karena melepas jersey," demikian bunyi pernyataan Komite Kompetisi.


"Justru sebaliknya, karena itu, tindakan tersebut harus kena sanksi," ucap Komite Kompetisi melanjutkan.

Denda Rp10,2 juta tersebut tergolong ringan, mengingat pasal itu memiliki hukuman denda maksimal mencapai 3 ribu euro atau Rp50,5 juta.

GIF Banner Promo Testimoni

Selain Messi, Barcelona juga ikut merasakan hukuman itu dengan harus membayar denda sebesar 350 euro setelah dianggap melanggar Pasal 52 tentang Kode Disiplin.

Klub asal Catalunya itu tidak diam terhadap hukuman tersebut dan akan mengajukan banding. Langkah banding diambil Barcelona mengingat Jose Callejon dan Cristiano Ronaldo pernah lolos dari sanksi semacam itu.

Lionel Messi memberikan penghormatan kepada mendiang Diego Maradona dengan melepas kaus Barcelona dan mengenakan jersey klub masa kecilnya Newell's Old Boys usai membobol gawang Osasuna, akhir pekan lalu.

Baik Messi dan Maradona sama-sama pernah bermain untuk Newell's Old Boys.

(sry/sry)


[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK