Fasilitas Sirkuit MotoGP Mandalika Beroperasi Juni 2021

CNN Indonesia | Kamis, 10/12/2020 14:13 WIB
Sejumlah fasilitas penunjang untuk penyelenggaraan event internasional MotoGP 2021 di Mandalika siap beroperasi pada Juli tahun depan. Pembangunan Sirkuit Mandalika terus dikebut agar bisa masuk kalender MotoGP 2021. (ANTARA FOTO/Ahmad Subaidi/foc).
Jakarta, CNN Indonesia --

Sejumlah fasilitas penunjang untuk penyelenggaraan event internasional MotoGP 2021 di Sirkuit Mandalika, Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat (NTB), siap beroperasi pada Juli tahun depan.

Fasilitas itu berupa perluasan terminal, pengembangan fasilitas kargo, dan perpanjangan runway di Bandara Internasional Zainuddin Abdul Madjid.

Deputi I Bidang Infrastruktur, Energi dan Investasi Kepala Staf Kepresidenan (KSP) Febry C. Tetelepta mengatakan ada sejumlah infrastruktur yang tetap harus dikebut pengerjaannya saat ini.


"Semuanya harus rampung, MotoGP Mandalika harus kita sukseskan bersama," ujar Febry di Jakarta, Kamis (10/12), dikutip dari situs resmi KSP.

Dia juga menyatakan, jalan bypass dari Bandara Internasional Zainuddin Abdul Madjid hingga ke Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Mandalika sepanjang 17 Kilometer harus tuntas pada Agustus 2021.

MotoGP Andalusia 2020Indonesia berpeluang masuk kalender MotoGP 2021 setelah MotoGP Ceko mundur. (Dorna Sports).

Pemerintah pusat, kata Febry, akan terus mengawasi secara langsung perkembangan pembangunan KEK Mandalika hingga bisa tepat waktu.

"Pada awal November kemarin kami melakukan kunjungan untuk monitoring dan evaluasi untuk memastikan proyek ini berjalan secara baik," ujar Febry terkait kunjungannya ke KEK Mandalika 4 November lalu.

Adapun dalam kunjungan tersebut realisasi pembangunan Jalan Kawasan Khusus (JKK) atau sirkuit berjalan di atas target.

Beberapa infrastruktur yang sudah terbangun di kawasan ini di antaranya jalan ruas barat, masjid, Kuta Beach Park, pusat pengawasan area pantai atau Balawista, Bazaar Mandalika dan sentra parkir yang akan menjadi etalase UMKM NTB. Sedangkan untuk pembebasan lahan ditargetkan selesai dalam waktu dekat.

"KSP terus bekerja dalam memastikan penyelesaian pembebasan lahan, serta memfasilitasi dengan stakeholder terkait untuk membantu proses percepatan penyelesaian tersebut," ujar Febry.

Febry menambahkan, event MotoGP 2021 di Mandalika diharapkan bisa mendongkrak sektor pariwisata setelah pandemi Covid-19.

GIF Banner Promo Testimoni

Sebelumnya, saat peresmian Kawasan Mandalika sebagai kawasan destinasi wisata pada Oktober 2017, Presiden Joko Widodo berharap kawasan Mandalika bisa mendongkrak pertumbuhan ekonomi di daerah tersebut.

Sirkuit Mandalika menjadi satu dari tiga sirkuit cadangan di kalender MotoGP 2021 mendatang. Diharapkan MotoGP Indonesia 2021 bisa masuk kalender utama MotoGP dan pembangunan sirkuit selesai sesuai target yang telah ditetapkan pemerintah.

Kini peluang MotoGP Indonesia terlaksana makin terbuka setelah MotoGP Ceko memutuskan keluar dari kalender MotoGP 2021. Artinya Indonesia bersama Portugal dan Rusia berpeluang menggantikan Ceko di MotoGP 2021.

(osc/sry)


[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK