Nasib Karier Koeman jika Didepak Barcelona

CNN Indonesia | Senin, 11/01/2021 23:01 WIB
Nasib pelatih Ronald Koeman di Barcelona masih teka-teki seperti Lionel Messi yang kontraknya habis pada akhir musim ini. Nasib Ronald Koeman di Barcelona belum jelas. (AP/Joan Monfort)
Jakarta, CNN Indonesia --

Nasib pelatih Ronald Koeman di Barcelona masih teka-teki seperti Lionel Messi yang kontraknya habis pada akhir musim ini.

Kontrak Ronald Koeman dengan Blaugrana berakhir pada Juni 2022. Akan tetapi, rumor dalam satu bulan terakhir bisa membuat situasinya berubah.

Sejumlah media di Spanyol menyebut peruntungan Koeman di Barcelona menunggu terpilihnya presiden klub baru pada 24 Januari nanti. Tidak hanya itu, Koeman juga bisa bertahan asalkan memberikan prestasi bagi Barcelona.


Beberapa kandidat presiden Barcelona, semisal Joan Laporta dan Victor Font disebut menyiapkan Xavi Hernandez sebagai pelatih baru klub asal Catalunya itu pada musim depan.

Meski demikian, Koeman tidak perlu merasa khawatir seandainya benar-benar didepak Barcelona. Menurut pemberitaan Don Balon, Asosiasi Sepak Bola Kerajaan Belanda (KNVB) akan kembali menawarkan pekerjaan untuk Koeman jika dipecat Barcelona.

GIF Banner Promo Testimoni

Penawaran itu dilakukan KNVB mengingat buruknya performa timnas Belanda usai ditinggal Koeman. Dari 8 pertandingan selama 2020, Belanda hanya menang 3 kali dan kalah 2 kali.

Menurut Don Balon, kepemimpinan pelatih Frank de Boer di timnas Belanda saat ini kurang memuaskan. Legenda Barcelona itu membutuhkan waktu lebih lama dari yang diharapkan guna menciptakan performa apik di timnas Belanda.

Sementara itu, selama dipegang Koeman, Belanda menang 11 kali dalam 20 pertandingan, dengan 4 laga di antaranya kalah, termasuk menjadi runner-up UEFA Nations League 2019.

Target besar timnas Belanda ingin kembali merekrut Koeman adalah Piala Dunia 2022 mendatang di Qatar. KNVB ingin timnas Belanda bisa bicara banyak di Piala Dunia 2022.

(sry/ptr)


[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK