Liga 1 2020 Dibatalkan, Persib Menjerit Rugi

CNN Indonesia | Kamis, 21/01/2021 16:15 WIB
Persib Bandung mengalami kerugian besar lantaran PSSI baru memutuskan pembatalan Liga 1 2020 di masa pandemi Covid-19. Persib Bandung menyesalkan keputusan PSSI untuk membatalkan Liga 1 2020. (ANTARA FOTO/M Agung Rajasa/pd)
Jakarta, CNN Indonesia --

Persib Bandung mengalami kerugian besar lantaran PSSI baru memutuskan pembatalan Liga 1 2020 di masa pandemi Covid-19.

Direktur PT Persib Bandung Bermartabat, Teddy Tjahjono, menyebut keputusan PSSI yang terkesan lambat membuat klub merugi, tak terkecuali buat Maung Bandung.

"Keputusan ini pasti merugikan semua klub dan kami sangat menyesalkan keputusan tersebut," ujar Teddy, Kamis (21/1).


Disinggung bahwa keputusan operator kompetisi PT Liga Indonesia Baru berdasarkan masukan dari klub, Teddy membenarkan. Akan tetapi tidak semua klub yang mendukung.

"Memang ada beberapa klub yang memberikan masukan tersebut, tapi tidak semua klub," ujarnya.

GIF Banner Promo Testimoni

Teddy mengungkapkan kerugian yang dialami klub bukan hanya bersifat material karena mempengaruhi kontrak dengan pemain maupun sponsor. Secara moril, klub mengalami guncangan hebat karena sudah cukup lama menunggu kepastian.

"Yang pasti semua klub pasti dirugikan secara material dan moril," tuturnya.

Teddy menyatakan pihaknya akan menunggu keputusan resmi dari PSSI. Hal itu terkait rencana regulator untuk menggelar kompetisi baru untuk musim 2021 tepat setelah Hari Raya Idul Fitri.

[Gambas:Video CNN]

"Kami menunggu surat resmi dari PSSI, karena tadi hanya disebutkan bahwa Liga 2021 akan dilaksanakan setelah lebaran. Setelah lebaran itu tanggal berapa? Kami perlu kepastian tanggal dimulainya Liga 2021, karena semua klub pasti perlu melakukan perencanaan baik dari sisi teknis dan nonteknis," ujarnya.

Sebelumnya Liga 1 2020 dan Liga 2 2020 resmi dibatalkan setelah sempat tertunda beberapa kali mengacu hasil rapat Komite Eksekutif (Exco) PSSI yang berlangsung secara virtual pada Rabu (20/1).

Melalui situs resminya, PSSI memutuskan untuk membatalkan musim kompetisi 2020-2021 karena kondisi kahar (force majeure) terkait dengan pandemi Covid-19. Selain itu juga diputuskan bahwa tidak ada juara dan tidak ada degradasi di musim Liga 1 2020 yang baru berjalan tiga pekan tersebut.

Peserta kompetisi Liga 1 dan 2 musim 2021 adalah peserta kompetisi musim 2020. Sedangkan kontrak pemain diatur oleh klub mengacu kepada aturan keadaan kahar di dalam kontrak masing-masing klub.

(hyg/jun)
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK