Investigasi Kecelakaan Kobe Bryant: Pilot Langgar Aturan

jun, CNN Indonesia | Rabu, 10/02/2021 01:45 WIB
Penyelidik kecelakaan helikopter yang menewaskan legenda NBA Kobe Bryant menegaskan pilot Ara Zobayan melanggar aturan penerbangan. Kobe Bryant meninggal dalam kecelakaan helikopter. (AP Photo/Ringo H.W. Chiu)
Jakarta, CNN Indonesia --

Penyelidik kecelakaan helikopter yang menewaskan legenda NBA Kobe Bryant menegaskan pilot Ara Zobayan melanggar aturan penerbangan.

Ketua Dewan Keselamatan Transportasi Nasional Amerika Serikat (NTSB) Robert Sumwalt menyebut, Zobayan telah melanggar hukum karena memaksakan penerbangan di tengah situasi berkabut.

"Dia terbang di bawah visual flight rules (VFR), yang secara hukum melarang dia menembus awan. Namun, dia melanjutkan penerbangan VFR ini melintasi awan menuju kondisi meteorologi instrumen," kata Sumwalt dikutip Reuters.


Kecelakaan terjadi beberapa saat setelah helikopter lepas landas dari Bandara John Wayne, Orange County menuju ke klub basket Kobe Bryant, Mamba Sport Academy di Thousand Oaks.

GIF Banner Promo Testimoni

Pesawat terempas ke bukit Calabasas di tengah situasi berkabut. Total sembilan orang dalam helikopter itu, termasuk Kobe Bryant dan sang putri Gianna Bryant meninggal dalam kecelakaan tersebut.

NTSB menggelar pertemuan secara virtual pada Selasa (9/2) waktu setempat. Investigasi kecelakaan legenda LA Lakers tersebut diharapkan segera tuntas dalam beberapa waktu dekat.

[Gambas:Video CNN]

Namun, pihak dewan mengaku masih akan mengkaji apakah pilot yang ikut meninggal bersama Kobe, menghadapi tekanan atau memang inisiatif sendiri untuk menyelesaikan penerbangan di tengah kondisi mendung.

"Apakah ekspektasi pilot berdasarkan kebijakan perusahaan? Atau dia menekan dirinya sendiri? Tindakan apa yang bisa dia lakukan untuk menghindari terbang ke awan," ujar Sumwalt.

Kobe Bryant telah merasakan juara NBA lima kali dan MVP Final NBA tiga kali selama 20 tahun kariernya bersama Lakers. Dia terpilih secara anumerta ke Naismith Memorial Basketball Hall of Fame beberapa bulan setelah kepergiannya.

(jun/jun)
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK