Piala Menpora 2021: Arema Tak Masalah Jadi Tim Musafir

CNN Indonesia | Senin, 22/02/2021 15:59 WIB
General Manager Arema FC, Ruddy Widodo, menyatakan Singo Edan tidak keberatan bermain di luar Malang pada Piala Menpora 2021. Arema ketika menjalani laga pramusim Liga 1 2020. (ANTARA FOTO/Irfan Anshori)
Jakarta, CNN Indonesia --

General Manager Arema FC, Ruddy Widodo, menyatakan Singo Edan tidak keberatan bermain di luar Malang pada turnamen pramusim Liga 1Piala Menpora 2021.

Ruddy menilai usulan agar klub asal kota tuan rumah tidak bermain di rumahnya merupakan kebaikan yang menjamin rasa adil.

Buat Arema, tergabung di grup manapun dan bermain di kota manapun tidak masalah. Sebab semua klub pada akhirnya akan saling bertemu di kompetisi yang sesungguhnya nanti.


Selain itu, menurut Ruddy, dengan bermain di luar kandang justru bisa sekaligus menguji mental pemain yang tidak tampil di pertandingan resmi hampir setahun terakhir.

"Makanya segala hormat, untuk pembagian grup banyak hal yang akan dikompromikan. Pembagian grup juga bukan dengan drawing terbuka. Sampai saat ini belum ada pembagian grup, nanti akan banyak pertimbangan berdasarkan banyak kacamata televisi, keamanan dan klub tentunya," ujarnya.

Pesepakbola Arema FC, Mathias Malvino Gomez (kanan) berusaha melewati hadangan dua pesepakbola Persib Bandung, Nick Anna Maria Francois Kuipers (tengah) dan Victor Igbonefo (kiri)  dalam pertandingan Liga I di Stadion Kanjuruhan, Malang, Jawa Timur, Minggu (8/3/2020). Persib mengalahkan Arema dengan skor 2-1. ANTARA FOTO/Ari Bowo Sucipto/hp.Arema ketika berlaga di Bandung pada Liga 1 2020. (ANTARA FOTO/ARI BOWO SUCIPTO)

Tak hanya itu, Ruddy juga mengaku memberikan usulan kepada Direktur Operasional PT. Liga Indonesia Baru (LIB) terkait penempatan empat klub yang punya basis suporter besar di venue netral: Arema FC, Persebaya Surabaya, Persib Bandung dan Persija Jakarta. Menurut Ruddy hal itu bukan solusi melainkan berisiko.

"Saya bilang ke Pak Sudjarno, kalau anggapan empat tim besar main di tempat netral, dengan segala hormat, itu keliru pak. Kalau Persebaya main di Malang, enggak ada Bonek dateng. Begitu juga sebaliknya. Tapi kalau di tempat netral, dua-duanya pasti datang. Ini kan untuk mencegah penonton tidak ke stadion."

"Tapi kalau di Surabaya juga Arema jangan main di Bung Tomo kalau mau aman, di komplek tentara. Sama Persebaya kalau main di Malang saya mainkan di Kostrad. Jadi keamanan fokus menjaga satu suporter supaya tidak ke stadion. Tempat netral bukan solusi, sepak bolanya solusi tapi buat suporter bukan solusi," jelas Ruddy.

Menurut Ruddy, semua klub sepakat gelaran Piala Menpora 2021 adalah uji coba dari pihak kepolisian supaya izin untuk kompetisi Liga 1 bisa dikeluarkan. Salah satu syaratnya, penyelenggaraan Piala Menpora 2021 harus sukses dari segi protokol kesehatan dan pengelolaan suporter.

Arema berharap regulasi yang akan digunakan di Piala Menpora 2021 bakal segera diberikan pekan ini. Menurut informasi, PSSI akan berkoordinasi dan kompromi dengan pihak imigrasi agar pemain asing yang bermain di Piala Menpora bisa menggunakan visa kunjungan khusus.

[Gambas:Video CNN]

(TTF/ptr)
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK