Persib Usul Delapan Pergantian Pemain di Piala Menpora

CNN Indonesia | Senin, 22/02/2021 17:03 WIB
Persib mengusulkan kepada PSSI dan PT LIB berupa kesempatan pergantian pemain hingga delapan kali di Piala Menpora 2021. Persib Bandung ketika berlaga di Liga Indonesia 2020. (ANTARA FOTO/RAISAN AL FARISI)
Jakarta, CNN Indonesia --

Direktur PT. Persib Bandung Bermartabat (PBB) Teddy Tjahjono mengusulkan kepada PSSI dan PT. Liga Indonesia Baru (LIB) untuk memberikan penyesuaian regulasi di Piala Menpora 2021 termasuk pergantian pemain hingga delapan kali.

Selain pergantian pemain yang banyak, Teddy juga mengusulkan water break. Regulasi itu disebut Teddy menyesuaikan kondisi pemain yang dianggap belum ideal tampil di pertandingan setelah 11 bulan tanpa kompetisi akibat pandemi Covid-19.


Sementara klub hanya punya waktu persiapan sebulan jelang Piala Menpora 2021 yang rencananya bergulir mulai 20 Maret sampai 25 April mendatang.

"Waktu sebulan itu menurut kami tidak cukup, tanggal 20 Maret mulai tidak ideal buat pemain. Kita pertandingan 11 bulan terhenti, sudah pasti otot-otot para pemain berbeda sehingga perlu dikondisikan lagi supaya bisa lebih siap di kompetisi tertinggi," kata Teddy kepada wartawan, Senin (22/2).

"Alasannya demi kepentingan pemain supaya mengurangi cedera, sehingga pada saat jadwal sudah fix ada penyesuaian regulasi dari turnamen seperti water break, pergantian pemain tidak dibatasi, mungkin 6-8 pemain. Itu hal yang jadi jalan tengah untuk mengurangi risiko cedera pemain," jelas Teddy.

Lebih lanjut Teddy menjelaskan bahwa pemain asing karantina 14 hari. Sedangkan pemain lokal dari luar Bandung butuh tiga sampai empat hari kumpul ke Bandung, setelah itu menjalani tes PCR yang hasilnya baru keluar sehari kemudian.

[Gambas:Video CNN]

"Oleh karena itu saya sempat bicara butuh waktu sekiranya dua bulan, tapi sudah dijelaskan ketika rapat Jumat (19/2) malam itu tidak bisa karena izin dibuka 20 Maret - 25 April," ujarnya.

Teddy juga enggan membahas soal match fee dari LIB yang disebut mencapai Rp200 juta per pertandingan. Buat Persib, terpenting adalah mensyukuri kesempatan Piala Menpora 2021 bisa kembali bergulir di tengah pandemi Covid-19 meskipun dalam kondisi yang tidak ideal.

(TTF/nva)
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK