Alasan LIB Gelar Turnamen Pramusim Piala Menpora

CNN Indonesia | Selasa, 23/02/2021 13:11 WIB
PT. Liga Indonesia Baru menyebut Piala Menpora sebagai turnamen pramusim digelar untuk ajang uji coba penerapan prokes sebelum Liga 1 dimulai. PT LIB menegaskan Piala Menpora digelar untuk ajang uji coba pelaksanakan prokes sebelum Liga 1. ( CNN Indonesia/Titi Fajriyah).
Jakarta, CNN Indonesia --

Direktur Operasional PT. Liga Indonesia Baru (LIB), Sudjarno menyebut kekosongan kompetisi selama 11 bulan akibat pandemi Covid-19 menjadi alasan digelarnya turnamen pramusim Piala Menpora sebelum Liga 1 2021 dimulai.

Sudjarno mengatakan LIB saat ini fokus melaksanakan Piala Menpora dengan baik. Sebab, turnamen pramusim ini menjadi ajang uji coba yang diberikan pihak kepolisian sebelum menggelar Liga 1, khususnya dalam penerapan aturan dan protokol kesehatan ketat.

"Konsentrasi kami ke pramusim dulu, karena kondisi klub juga dalam kondisi belum ada pemain dan ada yang bubar, sehingga turnamen ini memberikan kesempatan klub untuk bisa mempersiapkan diri," kata Sudjarno.


Selain itu, turnamen pramusim juga dirasa penting buat LIB sebagai ajang simulasi standar operasional prosedur (SOP) penerapan protokol kesehatan dalam pertandingan di masa pandemi saat ini.

Kompetisi Liga 1 2020 terhenti sejak masuk pekan keempat penyelenggaraan akibat pandemi Covid-19. Sejak saat itu tidak ada lagi kegiatan sepak bola di Indonesia sampai saat ini dengan kekhawatiran terjadinya kluster baru Covid-19 dari sepak bola.

Sebab itu, pramusim Piala Menpora 2021 akan dilaksanakan dengan aturan protokol kesehatan ketat, terutama soal larangan tanpa penonton dan kegiatan menonton bareng (nobar) untuk menghindari terjadinya kerumunan massa.

Sudjarno juga memastikan regulasi yang diterapkan di Piala Menpora yang dimulai pada 20 Maret sampai 25 April mendatang akan lebih longgar. Meskipun sampai saat ini draf regulasi masih dalam pembahasan di internal PSSI dan rencananya bakal disampaikan pekan ini.

"Turnamen ini bisa agak lebih soft-lah regulasinya. Kalau turnamen berjalan mulus, maka insya Allah semuanya berjalan mulus," ujarnya.

Kelonggaran regulasi di Piala Menpora dimaksud salah satu contohnya, yakni pemain-pemain asing masing-masing klub bisa mengurus perpanjangan visa lama atau menggunakan visa kunjungan khusus.

Sementara itu menyoal kompetisi, PSSI telah meminta LIB untuk merencanakan gelaran Liga 1 2021 setelah lebaran atau pada Juni mendatang. Kompetisi nantinya juga direncanakan tanpa penonton dan tetap menjalankan protokol kesehatan ketat sesuai arahan dari kepolisian.

[Gambas:Video CNN]

(sry)
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK