LIB Respons Kekecewaan IDI Soal Izin Piala Menpora 2021

CNN Indonesia | Rabu, 24/02/2021 13:36 WIB
Direktur Utama PT. Liga Indonesia Baru, Akhmad Hadian Lukita merespons kekecewaan Ikatan Dokter Indonesia (IDI) atas izin Piala Menpora 2021. Ilustrasi PT LIB. (CNN Indonesia/Titi Fajriyah)
Jakarta, CNN Indonesia --

Direktur Utama PT. Liga Indonesia Baru (LIB), Akhmad Hadian Lukita merespons kekecewaan Ikatan Dokter Indonesia (IDI) atas bergulirnya turnamen pramusim Piala Menpora 2021.

Hadian Lukita menjelaskan, Piala Menpora 2021 bergulir dalam situasi dan kondisi yang extraordinary atau luar biasa. Pihak kepolisian juga telah mempertimbangkan banyak hal sebelum akhirnya memutuskan untuk memberikan izin.

"Jika ditelaah dari satu sisi, pasti ada sudut pandang yang tidak ideal atau akan menjadi kondisi yang dicemaskan beberapa pihak. Dalam hal ini, harus mempertimbangkan banyak aspek yang dalam di masyakarat," kata Hadian Lukita kepada CNNIndonesia.com, Rabu (24/2).


"Bukan melulu pada aspek ekonomi, tapi ada sosial budaya yang juga laik untuk dipertimbangkan. Jadi, harus menelaah, menyimak, dan memandang dari kaca mata yang luas dan beragam," ucap Hadian menjelaskan melalui sambungan telepon.

Dengan begitu, lanjut Hadian Lukita, berdasarkan pertimbangan-pertimbangan dan beberapa sudut pandang tersebut ditemukan jawaban atau solusi yang komprehensif serta menjadi tanggung jawab bersama.

[Gambas:Video CNN]

"Komitmennya ada pada penerapan protokol kesehatan ketat yang telah disepakati bersama," tegasnya.

Sebelumnya, Ketua Satgas Covid-19 IDI Zubairi Djoerban kecewa dengan keputusan pihak kepolisian yang telah mengeluarkan izin kepada PSSI dan PT LIB dalam menyelenggarakan gelaran Piala Menpora 2021.

Menurut IDI, keputusan itu tidak sejalan dengan kebijakan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Mikro, yang salah satu poinnya adalah menghindari kerumunan.

CNNIndonesia.com mencoba mengonfirmasi lebih lanjut pernyataan tersebut ke Zubairi Djoerban dan Bidang Humas IDI Halik Malik. Namun, sampai berita ini ditayangkan keduanya belum menjawab.

PSSI dan LIB berencana menggelar turnamen pramusim Piala Menpora 2021 mulai 20 Maret sampai 25 April mendatang. Turnamen tersebut menjadi uji coba penerapan standar operasional prosedur (SOP) protokol kesehatan ketat sebelum nantinya digelar Liga 1 2021 pada Juni mendatang.

(TTF/ptr)
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK