Jairzinho Rozenstruik, Petarung yang Lahir di Lapangan Bola

ptr, CNN Indonesia | Rabu, 24/02/2021 16:14 WIB
Jairzinho Rozenstruik tak berminat jadi petarung namun ia merintis jalan tersebut usai terlibat perkelahian di lapangan sepak bola. Jairzinho Rozenstruik (kiri) tak pernah bermimpi jadi petarung profesional. ( AFP/Douglas P. DeFelice)
Jakarta, CNN Indonesia --

Jairzinho Rozenstruik mengaku tidak pernah berminat jadi petarung, terlebih menjelma jadi salah satu bintang UFC. Ia baru mulai berlatih di usia 17 tahun dan hal itu diawali dengan perkelahian di lapangan sepak bola.

Rozenstruik lebih menggemari permainan sepak bola dan bola basket saat menjalani masa anak-anak dan remaja. Suatu hari, ia berkelahi di lapangan sepak bola. Rozenstruik yang punya tubuh lebih besar dibanding anak sebayanya tidak merasa gentar saat berkelahi.

Hal itu kemudian membuat sang pelatih meminta Rozenstruik untuk pergi ke gym bila memang tujuannya ingin berkelahi dengan orang lain.


"Saya pergi ke gym dan saya memang bermulut besar. Saya langsung berkata pada seseorang apakah dia ingin latih tanding dengan saya. Dia mengiyakan lalu dia mengalahkan saya."

"Saya kembali keesokan harinya dan berbicara pada pelatih. Saya ingin berlatih untuk mengalahkan orang itu. Pelatih lalu berkata bahwa cara kerja di gym tidak seperti itu. Saat itu saya benar-benar ingin mengalahkan orang itu. Saya benar-benar tidak berpikir bahwa saya ingin jadi petarung [profesional]," kata Rozenstruik seperti dikutip dari ESPN.

Ciryl Gane of France speaks during a training session on December 11, 2019, in Dakar, three days before the Mixed Martial Arts (MMA) league ARES. (Photo by SEYLLOU / AFP)Ciryl Gane bakal jadi lawan Jairzinho Rozenstruik. (AFP/SEYLLOU)

Rozenstruik memang lebih akrab dengan dunia sepak bola dan basket. Nama depan Jairzinho juga terinspirasi dari pesepakbola legendaris Brasil, Jair Filho yang lebih dikenal dengan nama Jairzinho. Jairzinho adalah bintang Brasil di Piala Dunia 1970.

"Mereka [orang tua] menyukai nama itu, jadi mereka memberi saya nama itu.Saya rasa mereka juga berharap saya bisa menjadi pemain sepak bola," ucap Rozenstruik.

Baru mulai berlatih bela diri di 2005, Rozenstruik sudah menjalani debut laga profesionalnya tujuh tahun kemudian di dunia MMA. Setelah mengantongi dua kemenangan, Rozenstruik tak lagi bertarung di dunia MMA karena lebih fokus berlaga di kickboxing.

Rozenstruik membukukan catatan 76 kemenangan, delapan kekalahan, dan satu hasil imbang dalam perjalanannya sebagai kickboxer. Rozenstruik baru kembali ke dunia MMA pada 2017 dan sempat menggenapkan rekornya menjadi 10-0.

Setelah tak terkalahkan dalam 10 laga, Rozenstruik menelan kekalahan dari Francis Ngannou ketika ia tumbang di ronde pertama hanya dalam kurun waktu 20 detik.

Usai kekalahan telak tersebut, Rozenstruik sudah mendapatkan satu kemenangan, TKO atas Junior dos Santos. Di akhir pekan nanti, Rozenstruik akan menghadapi Ciryl Gane.

Laga nanti bisa menempatkan Rozenstruik lebih dekat ke duel perebutan gelar juara.

[Gambas:Video CNN]



(ptr/nva)
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK