Wapres Ma'ruf Amin Dijadwalkan Hadiri Vaksinasi Perdana Atlet

ttf, CNN Indonesia | Rabu, 24/02/2021 17:21 WIB
Menpora Zainudin Amali menyebut Wakil Presiden Ma'ruf Amin dijadwalkan menghadiri vaksinasi perdana atlet pada Jumat (26/2). Ilustrasi atlet. (ANTARA FOTO/Mohammad Ayudha)
Jakarta, CNN Indonesia --

Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Zainudin Amali menyebut Wakil Presiden (Wapres) Ma'ruf Amin dijadwalkan hadir dalam pemberian vaksin Covid-19 perdana untuk atlet di Istora Senayan, Jumat (26/2).

Rencananya ada sekitar 820 orang yang terdiri dari atlet, pelatih dan tenaga pendukung yang akan menerima vaksin perdana di bidang olahraga tersebut.

"Rencana yang akan divaksin adalah perwakilan atlet, pelatih dan tenaga pendukung dari berbagai cabang olahraga yang sudah dipersiapkan untuk berbagai event. Pak Wapres Kiyai Ma'ruf Amin rencananya yang akan datang. Saya tidak tahu pendampingnya nanti siapa," kata Menpora saat konferensi pers virtual, Rabu (24/2).


Dalam tahap pertama, Kemenpora dan Kementerian Kesehatan (Kemenkes) membatasi penerima vaksin kepada mereka yang akan mengikuti persiapan dan kegiatan baik di dalam maupun luar negeri. Kondisi pandemi yang masih berlangsung juga membuat Kemenpora dan Kemenkes tetap menerapkan dan menjalankan protokol kesehatan sehingga tidak ada yang berdesakan dan menghadirkan kerumuman.

Wapres RI Ma’ruf Amin di Kantor Wapres, Jakarta, Rabu (29/1).Wakil Presiden Ma'ruf Amin dijadwalkan menghadiri proses vaksinasi perdana atlet. (CNN Indonesia/Ramadhan Rizki Saputra)

Di tahap selanjutnya, Kemenpora dan Kemenkes akan menyesuaikan penerima vaksin untuk atlet, pelatih dan tenaga pendukung lain yang berada di luar daerah. Untuk itu, Kemenpora dan Kemenkes sudah berkoordinasi dengan Dinas Kesehatan yang ada di daerah berdasarkan data yang telah diverifikasi sebelumnya.

"Dalam negeri misalnya, sebentar lagi akan ada kompetisi sepak bola, itu kami masukan mereka dalam daftar prioritas, basket juga. Yang akan ke luar negeri misalnya kami mempersiapkan atlet yang ada di pelatnas ke Olimpiade Tokyo, SEA Games dan single event lain," ujarnya.

Kemenpora merencanakan vaksinasi bidang olahraga menjangkau sampai ke persiapan daerah jelang Pekan Olahraga Nasional (PON) Papua 2020. Total penerima vaksin dari Kemenpora mencapai lebih dari 12 ribu orang dan memungkinkan untuk bertambah.

"PON saja perkiraan tujuh ribuan orang, belum lagi yang ikut SEA Games, Olimpiade, sepak bola Liga 1 dan Liga 2 banyak juga itu. Untuk atlet-atlet yag akan divaksin pertama, kami serahkan ke cabor masing-masing. Misal PSSI mengirimnya timnas," ujar Menpora Amali.

[Gambas:Video CNN]



(TTF/ptr)
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK