AHRT Siapkan Pebalap ke MotoGP Melalui CEV Moto3 Junior

ptr, CNN Indonesia | Kamis, 25/02/2021 15:01 WIB
AHRT mempersiapkan Mario Suryo Aji sebagai pebalap yang akan tampil di CEV Moto3 Junior Championship 2021. Mario Suryo Aji, pembalap AHRT di CEV Moto3 2021. (AHM)
Jakarta, CNN Indonesia --

Astra Honda Racing Team (AHRT) telah mempersiapkan Mario Suryo Aji sebagai pebalap yang akan tampil di CEV Moto3 Junior Championship. Kejuaraan itu merupakan bagian dari jenjang balapan menuju MotoGP.

CEV Moto3 Junior World Championship adalah ajang balap bergengsi di Eropa yang tingkat kompetisinya sangat sengit dan menjadi awal mimpi tertinggi para pebalap dunia.

"Saat ini, Mario sedang mempersiapkan diri untuk tampil di balapan pembuka di Sirkuit Estoril, Portugal, April mendatang. Kami menargetkan Mario meraih lima besar di CEV Moto3. Untuk saat ini perjenjangan kami fokus mengarah ke MotoGP," kata Andy Wijaya selaku Deputi General Manager Marketing Planning dan Analisis Astra Honda Motor (AHM) saat konferensi virtual, Kamis (25/2).


Mario, pebalap muda berusia 16 tahun tersebut optimistis menyambut musim balap tahun ini berbekal pengalaman impresifnya yang berhasil finish 6 besar musim lalu. Musim ini, Mario ditarget untuk meraih posisi lima besar di CEV Moto3 Championship.

Repsol Honda Team's Spanish rider Marc Marquez steers through a corner during the second day of the pre-season MotoGP winter test at the Sepang International Circuit in Sepang on February 8, 2020. (Photo by Mohd RASFAN / AFP)Marc Marquez merupakan jebolan balapan CEV Moto3. (Mohd RASFAN / AFP)

Lebih lanjut, Andy mengungkapkan CEV Moto3 pernah mengorbitkan Marc Marquez, pebalap Repsol Honda yang telah tercatat meraih enam gelar juara dunia MotoGP sampai saat ini. Sebelumnya, pebalap binaan AHRT lainnya, Andi Gilang juga pernah mentas di Moto3.

"Saya punya tekad kuat untuk meraih hasil maksimal. Untuk saya pribadi, prestasi sangat penting untuk karier balap saya selanjutnya. Saya tidak akan mengecewakan di tahun ketiga. Saya ingin buktikan anak Indonesia bisa beprestasi dengan hasil lebih baik dari sebelumnya," ucap Mario.

Musim lalu, Mario mengalami patah tulang kiri saat masuk di dua putaran terakhir sesi kualifikasi pertama CEV Moto3 di Sirkuit Jerez, Spanyol, 28 Agustus 2020 lalu. Meski begitu, ia mengaku kondisinya sudah pulih namun masih perlu waktu untuk bisa 100 persen.

"Alhamdulillah sudah recovery, belum 100 persen tapi bisa maksimal. Selanjutnya saya masih latihan strength dan menjaga kondisi fisik supaya tidak menurun. Tapi pasti saya inginnya improve karena kalau sudah drop bakal sulit meningkatkannya lagi," terangnya.

Selain Mario, AHM juga telah menyiapkan Chessy Meilandri dan Veda Ega Pratama untuk tampil pada ajang TTC (Thailand Talent Cup) menggunakan motor Honda NSF250R. Pada balapan ATC (Asia Talent Cup) 2021 yang dipromotori Dorna Sports, AHM mengandalkan Herjun Atna Firdaus, Azryan Dheyo Wahyumaniadi, Herlian Dandi dan Fadillah Arbi Aditama untuk bertarung.

Pada balapan bergengsi ARRC 2021, AHM kembali mengandalkan pebalap AHRT Irfan Ardiansyah dan Rheza Danica Ahrens yang berlaga di kelas Supersports 600cc. Menemani kelas tersebut, AHM juga mengikutsertakan Lucky Hendriansyah, M. Adenanta Putra dan Herjun Atna Firdaus di kelas AP250.

Tak hanya membina talenta pebalap Tanah Air di lintasan sirkuit, AHM juga melanjutkan pembinaan balap di ajang motocross bersama Delvintor Alfarizi untuk bertanding pada kelas MX2. Delvintot yang juga peraih gelar juara nasional kejurnas motocross kelas MX2 tahun 2019 itu siap tampil di MXGP Indonesia usai mendapatkan wildcard.

[Gambas:Video CNN]



(TTF/ptr)
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK