Shin Tae Yong Belum Bisa Divaksin di Indonesia

CNN Indonesia | Jumat, 26/02/2021 15:07 WIB
Tidak ada pelatih Timnas Indonesia Shin Tae Yong pada vaksinasi Covid-19 perdana untuk bidang olahraga hari ini. Shin Tae Yong belum bisa divaksin di Indonesia. (CNN Indonesia/Bisma Septalisma)
Jakarta, CNN Indonesia --

Tidak ada pelatih Timnas Indonesia Shin Tae Yong pada vaksinasi Covid-19 perdana untuk bidang olahraga di Istora Senayan, Jakarta, Jumat (26/2).

Direktur Teknik PSSI Indra Sjafri mengatakan ada 50 pemain dan ofisial Timnas Indonesia yang ikut dalam vaksinasi perdana kali ini.

"Total ada 50 orang dari Timnas Indonesia dan ofisial yang divaksin hari ini, tidak termasuk saya. Coach Shin Tae Yong tidak ikut. Mungkin [Shin Tae Yong akan divaksin] di gelombang kedua," kata Indra Sjafri.


Indra Sjafri mengapresiasi gerak cepat Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Zainudin Amali yang memberikan prioritas kepada atlet, pelatih dan tenaga pendukung untuk bisa mendapatkan vaksinasi.

Terlebih banyak agenda yang bakal dijalani Timnas Indonesia tahun ini, mulai dari kualifikasi Piala Dunia 2022 pada Juni, SEA Games 2021 di Vietnam, hingga Piala AFF 2021.

"Kalau tidak cepat kita melakukan vaksin, bisa-bisa dunia olahraga makin jauh. Contoh sepak bola, kompetisi sudah satu tahun tidak jalan, tapi dengan vaksin ini mudah-mudahan tren Covid-19 bisa menurun," ucap Indra Sjafri.

Banner Live Streaming MotoGP 2021

Sementara itu Sesmenpora Gatot S. Dewa Broto menjelaskan Shin Tae Yong dan banyak pelatih asing dari berbagai cabang olahraga lain belum bisa menerima vaksinasi Covid-19 saat ini. Hal itu sesuai dengan aturan yang dikeluarkan Kementerian Kesehatan soal penerima vaksin prioritas.

"Shin Tae Yong tidak jadi divaksin karena aturannya dari Kemenkes terkait Warga Negara Asing di berbagai sektor belum selesai dirumuskan. Itu tidak hanya terkait dengan sepak bola, tapi itu semua cabor yang pakai pelatih asing," ucap Gatot.

Gatot memastikan regulasi vaksin untuk Warga Negara Asing (WNA) yang bekerja di Indonesia masih dibahas. Namun itu hanya masalah waktu dan tahapannya.

"Tidak apa-apa [Shin Tae Yong tidak divaksin sekarang]. Nanti pasti akan divaksin tapi menunggu regulasi. [Shin Tae Yong] bakal divaksin di Indonesia, ini hanya masalah tahapannya. Nanti menunggu aturan di Kemenkes dulu," ujar Gatot.

[Gambas:Video CNN]

(TTF/har)
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK