Terlibat Korupsi, Eks Presiden Barcelona Bartomeu Ditangkap

CNN Indonesia | Senin, 01/03/2021 20:34 WIB
Mantan presiden Barcelona Josep Bartomeu ditangkap kepolisian Catalunya terkait kasus penyelewengan dana yang terkenal dengan BarcaGate. Josep Bartomeu ditangkap polisi terkait dugaan korupsi di Barcelona. (AFP/LLUIS GENE)
Jakarta, CNN Indonesia --

Mantan presiden Barcelona Josep Maria Bartomeu ditangkap kepolisian Catalunya, Mossos, terkait kasus penyelewengan dana yang terkenal dengan sebutan BarcaGate.

Dikutip dari Sport, mantan petinggi Barcelona itu menjadi salah satu dari empat orang yang ditangkap usai penggeledahan dari pihak kepolisian di kantor Barcelona pada Senin (1/3) pagi waktu setempat.

Hakim yang bertanggung jawab atas kasus tersebut menemukan tanda-tanda administrasi yang tidak jelas dalam perekrutan perusahaan I3 Ventures, yang bertugas menjadi mata-mata di media sosial kepada pemain dan orang-orang di lingkungan klub Barcelona.


Dalam laporan tersebut, Mossos menemukan kemungkinan penyelewengan administrasi atau korupsi antarindividu.

Penyelidikan itu dimulai dari pengaduan kelompok Dignitat Blaugrana yang masih dirahasiakan. Investigasi tersebut telah diperpanjang enam kali oleh pengadilan dengan nomor 13 di Audiencia of Barcelona. Perpanjangan berakhir pada 10 Maret.

[Gambas:Video CNN]

Sementara itu, tiga tokoh lain yang ditangkap adalah Oscar Grau (CEO) Barcelona, Roma Gomez Punti (Kepala Layanan Hukum Barcelona), dan Jaume Masferrer yang merupakan penasihat terpercaya Bartomeu.

Banner Testimoni

Pada September 2020, Bartomeu dituduh korupsi karena membayar I3 Ventures 600 persen di atas harga normal. Selain demi membuat citra Bartomeu tetap baik, I3 Ventures juga bertugas memantau media sosial pemain Barcelona.

Skandal BarcaGate ini merupakan satu dari sekian banyak kasus yang dimiliki Barcelona sepanjang 2020. Selain BarcaGate, masalah yang menghampiri Blaugrana pada tahun lalu adalah keributan pemecatan pelatih Quique Setien, pertengkaran Direktur Eric Abidal dengan Lionel Messi, hingga rencana kepergian Messi dari Camp Nou yang ditolak Bartomeu.

(sry/nva)
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK