Denmark Bisa Tak Ikut All England Efek Pelatih Positif Covid

CNN Indonesia | Rabu, 17/03/2021 00:28 WIB
Pebulutangkis Denmark mungkin batal berpartisipasi di All England 2021 setelah asisten pelatih, Thomas Stavngaard dinyatakan positif Covid-19. Viktor Axelsen termasuk salah satu wakil Denmark di All England 2021. (CNN Indonesia/Hesti Rika)
Jakarta, CNN Indonesia --

Pebulutangkis Denmark mungkin batal berpartisipasi di All England 2021 setelah asisten pelatih, Thomas Stavngaard dinyatakan positif Covid-19.

Kabar tak menyenangkan itu muncul hanya 24 jam jelang berlangsungnya ajang All England 2021 pada 17-21 Maret mendatang. Stavngaard diketahui positif terinfeksi virus corona pada Selasa (16/3) pagi waktu Inggris.

Direktur Olahraga Denmark, Jens Meibom mengaku pihaknya bersama otoritas kesehatan Inggris, Public Health England, tengah mengidentifikasi siapa saja atlet maupun ofisial yang melakukan kontak erat dengan Stavngaard.


Dilaporkan TV 2 Sport, Denmark datang ke Inggris dengan rombongan besar. Setidaknya lebih dari 40 pebulutangkis akan ambil bagian di turnamen bergengsi ini.

Namun, keinginan mereka berpartisipasi di All England bisa saja batal karena munculnya kasus positif Covid-19. Hal ini mengacu protokol pencegahan Covid-19 yang berlaku di All England 2021.

Dalam protokol itu disebutkan orang-orang yang melakukan kontak erat wajib menjalani isolasi mandiri selama 10 hari.

Stavngaard masuk dalam rombongan besar atlet dan ofisial yang berangkat menggunakan pesawat dari Copenhagen ke London. Stavngaard juga ikut dalam rombongan tim yang menempuh perjalanan selama dua jam dari London ke Birmingham menggunakan bus pada Minggu (14/3).

Banner Live Streaming MotoGP 2021

Seluruh rombongan kemudian melakukan tes PCR pada Senin (15/3). Sehari berselang atau hanya beberapa jam sebelum menggelar sesi latihan pada Selasa, skuad Denmark mendapat kabar asisten pelatih mereka, Stavngaard positif virus Covid-19.

TV 2 Sport melaporkan Stavngaard terkejut mengetahui kabar tersebut. Pasalnya, ia telah melakukan empat kali tes PCR dalam kurun waktu 14 hari terakhir dan seluruh hasilnya negatif virus corona.

Saat ini, seluruh atlet dan pelatih Denmark melakukan isolasi di hotel tim. Dalam situasi ini, TV 2 Sport mengatakan muncul ketakutan sebagian besar pebulutangkis akan mundur dari turnamen ini.

Meskipun, pelatih Kenneth Jonassen memastikan akan berupaya semaksimal agar sebanyak mungkin pebulutangkis Denmark bisa tetap ambil bagian di All England 2021 setelah munculnya kasus Covid-19 di tim mereka.

"Hal terpenting bagi kami adalah mengikuti pedoman yang benar. Kami berjuang untuk sebanyak mungkin pebulutangkis Denmark bermain di turnamen ini," ucapnya.

[Gambas:Video CNN]

(jal/jal)
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK