Eko Maung Usai Diserang Netizen: Mereka Pakai Perasaan

CNN Indonesia | Kamis, 25/03/2021 19:43 WIB
Pengamat hukum olahraga nasional Eko Maung merespons serangan netizen yang menggeruduk media sosialnya soal tim badminton Indonesia di All England. Ilustrasi tim Badminton Indonesia usai dipaksa mundur dari All England. (CNNIndoneesia/Titi Fajriah)
Jakarta, CNN Indonesia --

Pengamat hukum olahraga nasional, Eko Noer Kristyanto alias Eko Maung merespons serangan netizen yang menggeruduk media sosialnya usai pernyataan soal tim badminton Indonesia di All England 2021.

Menurut Eko, ia sudah bisa menduga jika akan mendapatkan banyak cibiran dari netizen terutama para pencinta bulutangkis Indonesia. Namun, ia tak menyangka jika respons yang diberikan lebih besar dari dugaannya.

"Dari sebelum malam tadi [di Mata Najwa], saya sudah bikin video yang isinya kalau kasus ini dibawa ke CAS [Badan Arbitrase Olahraga Internasional] berlebihan. Saya tidak melarang, semua orang berhak mencari keadilan. Tapi menurut hemat saya, langkah yang tepat itu tidak usah ke CAS," kata Eko Maung kepada CNNIndonesia.com, Kamis (25/3).


"Tapi netizen itu mereka tidak setuju karena mereka pakai perasaan, bilang harga diri kita dipermalukan. Buat saya, kalau empati, marah wajar. Tapi langkah berikutnya yang diambil harus rasional," ujarnya menjelaskan.

Meski begitu, Eko Maung yang pernah menjabat sebagai anggota BOPI (Badan Olahraga Profesional Indonesia) itu mengaku tidak terlalu mempermasalahkan perlakuan yang diterimanya dari netizen. Menurutnya, ia tidak bisa memaksa semua orang untuk setuju dan paham dengan pandangannya.

Eko juga enggan mengklarifikasi ucapannya saat tampil di Mata Najwa, Rabu (24/3) malam. Termasuk tidak berencana menarik kembali ucapan yang pernah ia lontarkan sebelumnya terkait All England.

"Tidak terlalu masalah, saya baca semua ucapan netizen yang memang saya lihat kebanyakan akunnya asli ya bukan akun palsu. Mungkin mereka tidak tahu CAS itu apa."

Banner Live Streaming MotoGP 2021

"Fan bulutangkis ini beda sama di sepak bola ya. Kalau di bola terpecah klubnya, tapi kalau badminton kan energinya satu jadi ramai ya. Yang saya tidak duga itu, secara kuantitas banyak, biasanya mereka gabungan fan K-Pop dan BL [badminton lovers]. Keganasan netizen sepak bola tidak ada apa-apanya dibanding BL," sebutnya.

Dalam unggahan fotonya di Instagram saat tampil di Mata Najwa, Eko Maung mendapatkan lebih dari 1.700 komentar dan lebih dari empat ribu likes. Kebanyakan isi komentarnya negatif usai pernyataanya di Mata Najwa.

"Ngertinya bola, enggak usah sok ngerti badminton," komentar @aliee_124 di akun @ekomaung69.

[Gambas:Video CNN]

(TTF/jal)
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK