Kemenpora Samakan Masalah Irene dengan Keluhan Shin Tae Yong

CNN Indonesia | Kamis, 01/04/2021 19:35 WIB
Sesmenpora, Gatot S Dewa Broto, menyamakan permasalahan kesulitan uji tanding di berbagai cabang olahraga di antaranya catur dan sepak bola. Irene Sukandar ketika bertanding melawan Dadang Subur. (Tangkapan Layar Youtube Deddy Corbuzier)
Jakarta, CNN Indonesia --

Kemenpora melalui Sesmenpora, Gatot S Dewa Broto, menyamakan problem kesulitan uji tanding atlet catur seperti Irene Kharisma Sukandar dengan keluhan pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae Yong.

Menurut Gatot semua atlet harus mendapat banyak jam terbang salah satunya melalui uji tanding untuk mengasah kemampuan.

"Apa yang dilakukan Irene itu hal yang bagus. Karena itu sesuai dengan prinsip olahraga yang memungkinkan untuk banyak melakukan uji coba. Semakin banyak turnamen yang diikuti makin bagus untuk uji coba," kata Gatot menanggapi dwitarung Irene dengan Dadang Subur alias Dewa Kipas dan IM Levy Rozman yang terkenal dengan nama GothamChess yang menjadi sarana uji tanding.


Dalam sebuah kesempatan Irene pun menyatakan butuh uji tanding setelah lebih banyak berlatih di masa pandemi.

Gatot mencontohkan masalah yang sempat dikeluhkan Shin Tae Yong soal laga uji coba yang minim buat para pemainnya. Gatot menilai keluhan itu beralasan, sebab uji coba menjadi salah satu faktor penting buat atlet selain menjalani pemusatan latihan.

"Waktu itu Shin Tae Yong bilang kalau hanya laga internal saja, chemistry pertandingannya tidak dapat. Makanya, Piala Menpora digelar lalu juga nanti ada Liga 1. Semua cabor prinsipnya begitu. Semakin banyak event dan pertandingan itu akan semakin bermanfaat," jelasnya.

[Gambas:Video CNN]

Menyoal Irene Sukandar, sekalipun uji coba yang dilakukan baik melawan Dewa Kipas maupun Gothamchess bukan di nomor yang menjadi andalan Women Grand Master tersebut. Namun, dari uji coba pertandingan itu bisa dipetik pelajaran berharga dari sisi mental maupun pengalaman.

Selain itu catur yang mulai dilirik banyak orang pun menjadi perhatian Gatot.

Banner Live Streaming MotoGP 2021

"Di sisi lain, catur yang tadinya tidak banyak ditengok orang, sekarang sudah mulai masuk ke dalam industri olahraga. Bagaimana mereka bisa mencari sponsor dan lain-lain."

"Dari tayangan youtube Deddy Corbuzier ditambah Gothamchess itu juga turut membuat catur menjadi menarik. Ternyata tidak sulit untuk membuat catur punya sinergitas dengan industri olahraga. Peran pemerintah di mana? ya kalau sudah begini kami tidak akan segan-segan menjadi fasilitator," ungkap Gatot.

(TTF/nva)
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK