Sergey Karjakin, Grandmaster Catur Termuda di Usia 12 Tahun

CNN Indonesia
Jumat, 09 Apr 2021 08:53 WIB
Sergey Karjakin merupakan pecatur yang meraih gelar grandmaster (GM) termuda tepatnya pada usia 12 tahun dan tujuh bulan. Sergey Karjakin masih memegang rekor sebagai grandmaster termuda di dunia. (AFP/KARIM JAAFAR)
Jakarta, CNN Indonesia --

Sergey Karjakin merupakan pecatur yang meraih gelar grandmaster (GM) termuda. Pecatur Rusia itu dinobatkan sebagai GM ketika masih berusia 12 tahun dan tujuh bulan.

Karjakin yang lahir pada 12 Januari 1990 meraih gelar GM pada 2003.

Karjakin kecil mulai mengenal catur pada usia lima dan masuk dalam kategori chess prodigy, atau anak-anak berbakat di olahraga catur.

Sebelumnya pada 1999, Karjakin menjadi juara Eropa U-10. Dua tahun berselang Karjakin menjadi pemenang dalam Kejuaraan Dunia Catur U-12 dan meraih gelar International Master (IM) pada usia 11.

Karjakin kemudian tampil di berbagai ajang internasional seperti Chess Olympiad dan turnamen catur Corus dengan membawa pulang gelar juara.

Karjakin pun menjadi salah satu pecatur papan atas dunia. Keberasilan di Kejuaraan Dunia Catur Cepat 2012 dan Kejuaraan Catur Blitz 2016 menjadi bukti prestasi Karjakin. Catur Rapid dan catur blitz menjadi andalan Karjakin.

Pada 2016 pula, Karjakin sempat berhadapan dengan pecatur nomor satu dunia Magnus Carlsen di Kejuaraan Dunia. Saat itu Karjakin kalah, namun masih memiliki kesempatan bertanding kembali melawan Carlsen.

Pada awal tampil di kancah catur dunia, Karjakin membela Ukraina. Namun sejak 2009, Karjakin berbendera Rusia.

Karjakin kecil mulai mengenal catur pada usia lima dan masuk dalam kategori chess prodigy, atau anak-anak berbakat di olahraga catur.

Saat ini, dalam daftar peringkat di Federasi Catur Internasional (FIDE), Karjakin berada di peringkat 16 dunia dengan ELO rating 2757.

Karjakin merupakan pecatur yang terkenal dengan kemampuan dalam bertahan yang membuatnya mendapat julukan 'Menteri Pertahanan'.

Banner Video Highlights MotoGP 2021

Kemampuannya dalam bertahan terlihat dalam pertandingan melawan Carlsen di Kejuaraan Dunia Catur 2016.

Kendati demikian, Karjakin juga piawai bermain secara agresif seperti yang ditunjukkannya beberapa kali termasuk saat menang di kejuaraan Gashimov Memorial 2017.

(nva/nva)
SAAT INI
BERITA UTAMA
REKOMENDASI
TERBARU
LAINNYA DI DETIKNETWORK
LIVE REPORT
LIHAT SELENGKAPNYA

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

TERPOPULER