SOROT OLAHRAGA

Pemutus Rekor Carlsen Sampai Sistem 5x11 Untungkan Eropa

CNN Indonesia | Jumat, 09/04/2021 06:27 WIB
Profil mengenai Jan Krzystof Duda yang memutus rekor Magnus Carlsen menjadi berita terpopuler di kanal olahraga CNNIndonesia.com dalam 24 jam terakhir. Magnus Carlsen pernah mengalami kekalahan dari Jan Krzyzstof Duda. (Tangkapan layar instagram @magnus_carlsen)
Jakarta, CNN Indonesia --

Profil mengenai Jan Krzystof Duda yang memutus rekor Magnus Carlsen menjadi berita terpopuler di kanal olahraga CNNIndonesia.com dalam 24 jam terakhir.

Artikel lain dari olahraga catur juga masuk dalam berita populer, yakni mengenai tiga pecatur dalam daftar orang dengan IQ tertinggi di dunia.

Sementara ada pula berita mengenai komentar legenda badminton Indonesia yang menganggap perubahan sistem poin menjadi 5x11 bakal menguntungkan pemain-pemain Eropa.


Berikut tiga berita terpopuler di kanal olahraga CNNIndonesia.com dalam 24 jam terakhir:

1. Jan Krzysztof Duda, Pemutus Rekor Magnus Carlsen

Grand Master catur asal Polandia, Jan-Krzysztof Duda, membuat kejutan di akhir tahun 2020 dengan mengalahkan pecatur nomor satu dunia, Magnus Carlsen.

Juara catur dunia Magnus Carlsen menderita kekalahan pertamanya setelah lebih dari dua tahun, dengan catatan rekor 125 pertandingan tak terkalahkan saat bermain di turnamen negara asalnya, Norwegia. Pecatur peringkat 15 dunia Jan-Krzysztof Duda yang menghentikan rekor Carlsen saat itu.

Duda yang berusia 22 tahun berhasil melakukan apa yang belum pernah dilakukan oleh pecatur mana pun, termasuk 10 pemain top dunia, sejak Carlsen menelan kekalahan terakhirnya pada Juli 2018.

[Gambas:Video CNN]

2. Legenda Badminton: Sistem Skor 5x11 Untungkan Pemain Eropa

Mantan pebulutangkis tunggal putra nasional, Haryanto Arbi mengaku tidak setuju dengan perubahan poin 5x11 karena bisa menguntungkan para pemain Eropa.

Legenda badminton Indonesia itu mengatakan perubahan poin menjadi 5x11 kurang cocok untuk permainan pemain Asia khususnya.

"Saya tidak setuju karena permainannya jadi cepat. Keindahan rally panjangnya jadi tidak ada. Menurut saya malah jadi menguntungkan pemain Eropa untuk menguasai bulutangkis dunia," kata Haryanto Arbi kepada CNNIndonesia.com, Kamis (8/4).

Banner Live Streaming MotoGP 2021

3. 3 Pecatur dalam Daftar Orang dengan IQ Tertinggi di Dunia

Tiga pecatur Grand Master: Magnus Carlsen, Judit Polgar, dan Garry Kasparov masuk dalam daftar 27 orang yang memiliki Intelligence Quotient (IQ) tertinggi di planet ini.

Para pecatur professional ini dikenal memiliki IQ di atas rata-rata. Dilansir dari swoopwhoop.com, Magnus Carlsen, Judit Polgar, dan Garry Kasparov telah masuk dalam daftar 27 orang paling cerdas di planet ini.

Carlsen dan Kasparov memiliki IQ dengan nilai 190 atau masuk kategori sangat superior atau jenius. Sementara, Polgar memiliki nilai IQ 170, masuk dalam tingkatan jenius.

(nva/nva)
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK