MotoGP Indonesia di Mandalika Rencana Digelar Maret 2022

ptr, CNN Indonesia | Jumat, 09/04/2021 16:40 WIB
MotoGP Indonesia di Sirkuit Mandalika berpeluang digelar Maret 2022 setelah tidak masuk kalender MotoGP 2021. Inspeksi Dorna Sports dan FIM ke Sirkuit Mandalika. (ANTARA FOTO/AHMAD SUBAIDI)
Jakarta, CNN Indonesia --

MotoGP Indonesia di Sirkuit Mandalika dipastikan tidak berlangsung di MotoGP 2021 dan berpeluang digelar Maret 2022.

Dalam rilis resmi, Dorna Sports dan FIM menyebutkan seluruh pihak terkait setuju untuk menggelar MotoGP Indonesia pada Maret 2022.

"Disebabkan oleh pandemi covid-19 yang masih berlangsung, seluruh pihak yang terlibat setuju untuk menggelar seri pertama MotoGP di Mandalika pada paruh awal musim 2022, direncanakan pada Maret," tulis rilis tersebut.


Selain itu, bila seri MotoGP di Asia Tenggara bisa lancar digelar pada akhir 2021, MotoGP tak menutup kemungkinan untuk menggelar tes resmi di Sirkuit Mandalika sebagai persiapan seri MotoGP Indonesia di Mandalika resmi masuk kalender MotoGP 2022.

Direktur Utama Indonesia Tourism Development Corporation (ITDC) Abdulbar M. Mansoer mengatakan keputusan MotoGP Indonesia di Sirkuit Mandalika pada Maret 2022 bisa membuat pembangunan bisa berjalan dengan fokus.

"Kami mengucapkan terima kasih atas kunjungan FIM dan Dorna ke Sirkuit Mandalika dan sangat senang inspeksi teknis telah berjalan dengan baik sesuai dengan yang mereka harapkan," ujar Abdulbar.

Foto udara pembangunan lintasan sirkuit pada proyek Mandalika International Street Circuit di Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Mandalika, Pujut, Praya, Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat, Selasa (6/4/2021). Pembangunan sirkuit itu ditargetkan selesai pada pertengahan tahun 2021. ANTARA FOTO/Akbar Nugroho Gumay/wsj.Sirkuit Mandalika dalam proses pembangunan. ( ANTARA FOTO/Akbar Nugroho Gumay)

"Dengan adanya kepastian waktu penyelenggaraan, kami memastikan untuk tetap fokus dalam menyelesaikan pembangunan Mandalika International Street Circuit serta memaksimalkan potensi yang akan diperoleh dari event olahraga kelas dunia ini," sambung Abdulbar.

Pada Rabu (7/4) lalu, Dorna sempat melakukan inspeksi ke Sirkuit Mandalika. Dorna menyatakan tidak sabar melihat Indonesia menggelar MotoGP. Saat ini Sirkuit Mandalika terus dibangun dan ditargetkan rampung 100 persen pada Juli 2021.

Dorna menekankan seluruh sarana dan fasilitas sudah selesai 100 persen saat proses homologasi nanti.

Banner Video Highlights MotoGP 2021

Andai digelar Maret 2022, MotoGP Indonesia berpeluang untuk jadi seri-seri awal MotoGP. Biasanya, MotoGP dimulai di MotoGP Qatar yang digelar pada Maret.

Indonesia terakhir kali menggelar seri balap grand prix pada 1997 di Sirkuit Sentul, Jawa Barat.

[Gambas:Video CNN]

(ptr/har)
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK