MotoGP Indonesia di Mandalika Resmi Gelar MotoGP 2022

jun, CNN Indonesia | Sabtu, 10/04/2021 10:37 WIB
MotoGP Indonesia di Sirkuit Mandalika dipastikan gagal masuk kalender balapan tahun ini dan baru bisa berpartisipasi di MotoGP 2022. MotoGP Indonesia akan digelar pada 2022. (ANTARA FOTO/Akbar Nugroho Gumay)
Jakarta, CNN Indonesia --

MotoGP Indonesia pada 2021 di Sirkuit Mandalika di Lombok, Nusa Tenggara Barat dipastikan gagal. Indonesia baru akan menjadi tuan rumah pada MotoGP 2022.

Sebab, pemerintah Indonesia menargetkan pada akhir 2021 program vaksinasi Covid-19. Harapannya, balapan MotoGP Indonesia pada 2022 di Sirkuit Mandalika bisa disaksikan penonton dengan jumlah maksimal.

CEO Dorna, Carmelo Ezpeleta menyebut Indonesia sebagai pasar utama MotoGP. Balapan di Sirkuit Mandalika diyakini bakal menciptakan atmosfer kompetisi yang berbeda dibanding musim-musim sebelumnya.


"Kami dapat memastikan bahwa Sirkuit Internasional Mandalika akan menjadi salah satu venue terpenting dalam kalender (MotoGP) ke depannya. Kami juga tahu bahwa suporter dari Indonesia akan hadir secara masif dan GP akan menjadi salah satu yang paling ikonik sepanjang musim," kata Carmelo Ezpeleta, CEO Dorna.

Dalam pernyataan resminya, pihak Dorna Sports dan FIM menyatakan puas dengan perkembangan pembangunan Sirkuit Mandalika yang ditargetkan rampung pada pertengahan 2021, selepas kunjungan pada Rabu (7/4).

Sejatinya, Indonesia Tourism Development Corporation (ITDC) dan Mandalika Grand Prix Association (MGPA) optimistis Sirkuit Mandalika sudah bisa digunakan untuk MotoGP 2021. Namun, Dorna Sports dan FIM memastikan MotoGP Indonesia baru akan digelar pada 2021.

"Target untuk Sirkuit Mandalika adalah tetap menggelar FIM Superbike pada 14 November 2021. Namun, karena pandemi Covid-19, semua pihak setuju untuk menggelar balapan MotoGP di trek tersebut pada paruh pertama musim 2022," demikian pernyataan resmi Dorna Sports dan FIM.

[Gambas:Video CNN]

Walau begitu, Dorna Sports dan FIM sangat membuka kemungkinan Sirkuit Mandalika akan menjadi lokasi menggelar tes MotoGP pada akhir 2021. Adapun peserta tes ini adalah para pembalap kelas MotoGP.

"Jika MotoGP dapat menggelar balapan di Asia Tenggara jelang akhir MotoGP 2021, upaya untuk melakukan tes tim kelas MotoGP di Sirkuit Mandalika akan diupayakan sebagai antisipasi masuknya trek dalam kalender balap 2022," Dorna Sports dan FIM menyebutkan.

Adapun dua balapan MotoGP 2021 di Asia Tenggara, yakni di Thailand dan Malaysia, dijadwalkan berlangsung pada akhir 2021. Karenanya kemungkinan tes Sirkuit Mandalika akan berlangsung pada pertengahan Oktober 2021 atau awal November 2021.

Presiden Direktur ITDC Abdulbar M. Mansoer bersyukur pihak Dorna Sports dan FIM puas dengan perkembangan pembangunan Sirkuit Mandalika. Technical visit dari Dorna ini menjadi motivasi baru bagi ITDC untuk mempercepat pembangunan.

Banner Video Highlights MotoGP 2021

"Dengan mengetahui bulan yang pasti untuk acara MotoGP, kami yakin akan fokus menyelesaikan proyek pengembangan Sirkuit Jalan Internasional Mandalika, sambil juga memaksimalkan nilai yang ditawarkan acara olahraga hebat ini," ucap Abdulbar.

Sebelumnya, Sirkuit Mandalika menjadi satu-satunya seri cadangan dalam kalender MotoGP 2021. Dengan kepastian bahwa Sirkuit Mandalika akan digunakan pada 2022, maka status MotoGP Indonesia tidak lagi cadangan pada musim ini.

(abd/jun)
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK