Garry Kasparov, Juara Dunia yang Takluk di Hadapan Komputer

CNN Indonesia | Selasa, 13/04/2021 16:03 WIB
Legenda catur asal Uni Soviet yang kini menjadi Rusia, Garry Kasparov berulang tahun ke-58 tepat pada hari ini. Garry Kasparov pernah dikalahkan superkomputer Deep Blue. (AFP/BILL GREENBLATT)
Jakarta, CNN Indonesia --

Legenda catur asal Uni Soviet yang kini menjadi Rusia, Garry Kasparov berulang tahun ke-58 tepat pada hari ini.

Kasparov lahir di Baku, Azerbaijan yang dulunya masih menjadi bagian dari Uni Soviet pada 13 April 1963.

Kasparov mengenal catur dari ayahnya, Kim Moiseyevich Weinstein. Ketika berusia 10, Kasparov yang lahir di Azerbaijan ini berlatih di sekolah catur Mikhail Botvinnik di bawah asuhan pelatih terkenal Vladimir Makogonov.


Di tangan Makogonov, keterampilan Kasparov makin terasah, terutama dalam bermain caro-kann defense dan tartakower system of the queen's gambit declined.

Sejak itu, Kasparov sukses menjuarai Kejuaraan Junior di Uni Soviet 1976 di Tbilisi usai mencetak 7 dari maksimal 9 poin yang bisa diraih pada usia 13. Dia mengulangi prestasi serupa pada 1977 dengan meraih 8,5 poin.

Kasparov menyatakan, kemenangan di turnamen Sokolsky Memorial di Minsk pada 1978 jadi titik tolak dalam karier caturnya.

Pada Kejuaraan Catur Uni Soviet 1978, Kasparov memenangkan ajang dengan turnamen sistem Swiss tersebut saat berusia 15, termasuk tiebreak melawan Igor V Ivanov yang membuatnya merebut satu-satunya tempat kualifikasi.

Posis Kasparov di peringkat dunia FIDE melesat. Kemenangan di turnamen grandmaster di Banja Luka, Bosnia dan Herzegovina mengantarkan nama Kasparov ke jajaran atas ranking FIDE dengan rating 2595.

Label grandmaster akhirnya diraih Kasparov usai debut sebagai cadangan pada Olimpiade Catur di Valletta, Malta, akhir 1980.

Di usia yang masih remaja, Kasparov menempati peringkat pertama Kejuaraan Catur Uni Soviet pada 1981/1982. Kasparov menempati peringkat 2 dunia di usia 19.

Pada Januari 1984, Kasparov menempati peringkat 1 dunia FIDE dengan rating 2710. Dia menjadi nomor 1 dunia termuda dengan usia 22 tahun. Rekor itu bertahan selama 12 tahun sebelum dipecahkan Vladimir Kramnik pada Januari 1996. Saat ini, rekor tersebut dipegang Magnus Carlsen.

[Gambas:Video CNN]

Kasparov juga mendominasi catur sekitar 22 tahun sejak 1984 hingga pensiun sebagai pecatur profesional pada 10 Maret 2005.

Dalam kariernya, Kasparov tidak saja andal melawan pecatur-pecatur top dunia, tetapi juga mesin komputer, salah satunya dengan Deep Blue.

Duel Kasparov dengan Deep Blue itu terjadi dua kali. Pada pertarungan pertama di Philadelphia, Amerika Serikat pada 1996, Kasparov menang dengan skor 4-2.

Banner Live Streaming MotoGP 2021

Akan tetapi, IBM tidak menerima kekalahan tersebut dan kembali menantang Kasparov hingga digelarnya duel kedua pada 1997 di New York City.

Kala itu Kasparov masih bertatus sebagai pecatur terbaik dunia, dengan lima kali menang Kejuaraan Dunia Catur.

Sayangnya, Kasparov gagal mengulang kesuksesan di pertemuan pertama. Juara dunia termuda di usia 22 pada 1985 itu kalah 2,5 - 3,5 dari Deep Blue.

Deep Blue pun menjadi komputer pertama yang berhasil mengalahkan juara dunia catur, sekaligus membalas kekalahan pada 1996. Keberhasilan itu membuat Deep Blue membawa pulang uang hadiah US$700 ribu.

Pada 2005 Kasparov memilih pensiun usai menang di turnamen Linares. Perseteruan dengan FIDE menjadi salah satu alasan Kasparov pensiun. Usai pensiun, Kasparov banyak menulis buku dan menjadi politisi.

Selamat Ulang Tahun Garry Kasparov.

(sry/nva)
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK