5 Tips Olahraga di Bulan Puasa Ala Indra Sjafri

CNN Indonesia | Jumat, 16/04/2021 08:11 WIB
Mantan pelatih Timnas Indonesia U-19 yang kini menjabat Direktur Teknik PSSI, Indra Sjafri, memberikan lima tips berolahraga di bulan puasa. Indra Sjafri memberi tips olahraga di bulan puasa. (ANTARA FOTO/Sigid Kurniawan)
Jakarta, CNN Indonesia --

Mantan pelatih Timnas Indonesia U-19 yang kini menjabat Direktur Teknik PSSI, Indra Sjafri, memberikan lima tips berolahraga di bulan puasa.

Meskipun sedang berpuasa, olahraga tetap menjadi bagian penting yang wajib dilakukan setiap hari, namun dibutuhkan penyesuaian selama bulan puasa.

Selain berolahraga, Indra juga mengingatkan untuk tidak lupa minum air putih hangat dalam jumlah yang cukup dan tidak malas untuk makan sahur. Mantan pemain PSP Padang itu juga mengingatkan agar menjaga asupan makanan, tidak berlebihan, dan mengurangi gula.


Berikut 5 tips berolahraga selama bulan puasa dari Indra Sjafri:

1. Olahraga Sore

Menurut Indra Sjafri, olahraga sore selama bulan puasa lebih dianjurkan daripada olahraga pagi karena saat bulan puasa kita sedikit kekurangan waktu tidur.

Biasanya di malam hari banyak kegiatan tambahan yang dilakukan selama puasa. Mulai dari ibadah tarawih sampai bangun sahur.

"Agak berisiko jika kita berolahraga dengan kondisi kurang tidur," kata Indra.

2. Intensitas Sedang

Selama berpuasa, Indra merekomendasikan untuk berolahraga dengan intensitas sedang. Misalnya, berjalan kaki santai sejauh 5-10 kilometer.

"Saya lebih sering jalan atau joging di luar ruangan terbuka seperti di GBK [Gelora Bung Karno]," ujar Indra.

[Gambas:Video CNN]

3. Treadmill

Selain berjalan kaki, memanfaatkan alat treadmill juga bisa jadi pilihan untuk berolahraga di rumah. Terlebih dalam situasi yang saat ini masih pandemi Covid-19.

Berolahraga dengan treadmill memiliki banyak manfaat seperti menjaga berat badan selama berpuasa, menyehatkan otot jantung, dan bisa memantau aktivitas olahraga harian karena biasanya treadmill dilengkapi dengan alat hitung kalori, kecepatan lari, jarak tempuh serta detak jantung.

4. Pusat Kebugaran

Pilihan olahraga lain yang direkomendasikan Indra Sjafri untuk dilakukan saat berpuasa adalah pergi ke gym atau pusat kebugaran saat sore hari. Di sana banyak alat olahraga yang bisa kita gunakan sesuai dengan kebutuhan.

Biasanya pusat kebugaran menjadi tempat pilihan para pemain sepak bola jika harus menjalani pemusatan latihan di bulan puasa.

Banner Live Streaming MotoGP 2021

5. Di Ruang Terbuka

Apapun olahraganya, Indra menyarankan dilakukan di ruang terbuka. Tujuannya supaya suplai oksigen ke dalam tubuh lebih bagus ketimbang di dalam ruangan.

Kalaupun harus berolahraga di rumah, Anda bisa melakukannya di teras depan atau belakang rumah sambil ngabuburit menunggu waktu buka puasa tiba.

Selamat mencoba 5 tips berolahraga ala Indra Sjafri

(TTF/nva)
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK