Sirkuit Mandalika, Penentu Juara Dunia WSBK

ptr | CNN Indonesia
Senin, 19 Apr 2021 18:40 WIB
Sirkuit Mandalika bisa jadi penentu gelar juara dunia World Superbike (WSBK) lantaran jadi seri ke-12 musim ini. Sirkuit Mandalika tengah dalam proses pembangunan. (ANTARA FOTO/Akbar Nugroho Gumay)
Jakarta, CNN Indonesia --

Sirkuit Mandalika bisa jadi penentu gelar juara dunia World Superbike (WSBK) lantaran jadi seri ke-12 musim ini.

Seri Indonesia bakal jadi seri ke-12 dari 13 seri WSBK yang direncanakan digelar tahun ini. Seri Indonesia direncanakan digelar pada 12-14 November 2021.

Dalam kalender WSBK, status seri Indonesia masih menunggu homologasi. Homologasi sendiri direncanakan bakal dilakukan pada pertengahan tahun 2021.


Di balapan WSBK, bakal digelar tiga balapan di tiap serinya yaitu Race 1 dan Race 2 serta Superpole Race. Untuk Race 1 dan Race 2, 15 pembalap terdepan akan mendapat poin. Sementara itu di Superpole Race, hanya sembilan pembalap yang mendapatkan poin.

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno menyebut bahwa sejumlah Destinasi Pariwisata Super Prioritas (DPSP) seperti Borobudur, Mandalika, Likupang, dan Labuan Bajo telah mempunyai program wisata berbasis otomotif.

Inspeksi Dorna Sports dan FIM ke Sirkuit Mandalika, 7 April 2021.Sirkuit Mandalika saat kunjungan Dorna. (Dorna Sports)


"Kalau Labuan Bajo kita arahkan untuk konservasi alam, untuk kelestarian alam, dan di situlah mobil dan motor yang bernuansa ramah lingkungan yang akan kita dorong," ucap Sandi.

Banner Video Highlights MotoGP 2021

Sementara untuk balapan MotoGP, Sirkuit Mandalika direncanakan baru akan jadi tuan rumah pada Maret 2022. Dengan jadwal di bulan Maret, MotoGP Indonesia bakal masuk dalam seri-seri awal MotoGP 2022.

[Gambas:Video CNN]

(ptr/jal)
TOPIK TERKAIT
ARTIKEL TERKAIT
BACA JUGA
Lihat Semua
SAAT INI
BERITA UTAMA
REKOMENDASI
TERBARU
LAINNYA DI DETIKNETWORK
LIVE REPORT
LIHAT SELENGKAPNYA
TERPOPULER