Persija vs Persib: Robert Menjanjikan, Sudirman Meragukan

jun, CNN Indonesia | Rabu, 21/04/2021 12:13 WIB
Sudirman bakal beradu taktik dengan Robert Rene Alberts di final Piala Menpora 2021 antara Persija Jakarta vs Persib Bandung. Robert Rene Alberts lebih menjanjikan bersama Persib Bandung. (CNN Indonesia/Huyogo Simbolon)
Jakarta, CNN Indonesia --

Sudirman bakal beradu taktik dengan Robert Rene Alberts di final Piala Menpora 2021 antara Persija Jakarta vs Persib Bandung.

Sebagai pelatih muda dan minim jam terbang, Sudirman punya kesempatan untuk menjawab keraguan di partai final. Sebaliknya, pengalaman matang Robert Alberts akan diuji di turnamen pramusim ini.

Tak dimungkiri, pelatih Persib Rene Alberts memiliki jam terbang lebih tinggi ketimbang Sudirman. Kariernya sebagai pelatih sudah dimulai sejak Sudirman masih aktif bermain.


Robert Rene Alberts mulai melatih Persib Bandung pada Mei 2019. Sebelumnya, Robert sudah malang melintang di klub-klub elite Tanah Air termasuk Arema dan PSM Makassar.

Prestasi tertinggi Alberts ialah saat berhasil mengantar Arema juara Indonesia Super League (ISL) di musim 2009/2010. Di tahun 2010, Arema juga finis sebagai runner up di Piala Indonesia.

Pelatih asal Belanda itu juga pernah melatih di berbagai klub Liga Malaysia dan timnas Korea Selatan U-19.

Dengan berbagai pengalaman yang dipunya, Robert Rene Alberts kini berpeluang mengantar Persib juara Piala Menpora 2021. Pengalaman dan variasi taktik yang dimiliki Robert bisa jadi keunggulan tersendiri bagi Persib yang musim ini punya skuad mapan.

Di bawah kendali Robert, Persib cukup menjanjikan di Liga 1 2020. Tiga kemenangan beruntun berhasil diraih Pangeran Biru. Sayang, performa apik Persib terhenti karena Liga 1 2020 terpaksa dihentikan akibat pandemi Covid-19.

Kini, Robert berpeluang membawa pulang trofi Piala Menpora setelah berhasil mengantar Persib ke final. Tim asuhan Robert tercatat belum pernah kalah di sepanjang turnamen.

Pemain Persija Jakarta Alfath Faathier (kanan) berusaha melewati hadangan pemain PSM Makassar Zulkifli Syukur (kiri) pada Semifinal Leg ke-2 Piala Menpora di Stadion Manahan, Solo, Jawa Tengah, Minggu (18/4/2021). ANTARA FOTO/Mohammad Ayudha/rwa.Persija Jakarta masih belum mencapai puncak performa di Piala Menpora 2021. (ANTARA FOTO/Mohammad Ayudha)

Setelah bermain imbang 1-1 lawan Bali United, Persib berbenah dan sukses melahap dua pertandingan selanjutnya di fase grup. Maung Bandung menang atas Persita Tangerang dan Persiraja. Kemudian mereka sukses menyingkirkan Persebaya Surabaya di perempat final dan PSS Sleman di semifinal.

Persib arahan Robert saat ini tampil lebih agresif dalam membangun serangan. Kehadiran Wander Luiz, Frets Butuan, dan Ezra Walian sebagai ujung tombak jadi senjata.

Frets dan Ezra Walian kini menjadi top skor Persib di Piala Menpora. Keduanya masing-masing sudah mengemas tiga gol dan berpeluang melewati koleksi gol penyerang Persiraja Assanur Rizal yang berada di puncak daftar top skor Piala Menpora.

[Gambas:Video CNN]

Sementara di kubu Persija, Sudirman tengah menghadapi tekanan dari suporter. Ia dianggap tak cukup cakap untuk menangani tim sekelas Persija yang sukses meraih juara Liga 1 2018.

Sepanjang kariernya, Sudirman belum pernah memegang tim papan atas Liga 1. Mantan bek Timnas Indonesia itu lebih banyak bekerja sebagai asisten pelatih Timnas Indonesia kelompok umur.

Banner Video Highlights MotoGP 2021

Tak banyak kejutan taktik yang dipertontonkan Persija era Sudirman. Namun, klub berlambang monas itu tetap berhasil melaju ke final.

Menarik dinanti apakah Sudirman mampu menjawab keraguan publik dengan mengalahkan Persib era Robert Rene Alberts yang lebih kaya pengalaman dan personel lebih komplet.

(jun/jun)
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK