3 Tanda Persib Kalahkan Persija di Final Piala Menpora

jun, CNN Indonesia | Rabu, 21/04/2021 19:47 WIB
Persib Bandung punya sejumlah keunggulan untuk mengalahkan Persija Jakarta di final Piala Menpora 2021. Persib Bandung punya sederet keunggulan untuk kalahkan Persija Jakarta di final Piala Menpora 2021. (CNN Indonesia/Adhi Wicaksono)
Jakarta, CNN Indonesia --

Persib Bandung punya sejumlah keunggulan untuk mengalahkan Persija Jakarta di final Piala Menpora 2021. Berikut tiga tanda Persib sukses kalahkan Persija.

Tim berjuluk Maung Bandung lolos ke final usai menyingkirkan PSS Sleman dengan agregat 3-2. Supardi Nasir dkk menang 2-1 di leg pertama dan imbang 1-1 pada leg kedua.

Sementara Persija memastikan tiket ke partai puncak usai mendepak PSM Makassar. Tim berjuluk Macan Kemayoran memenangi adu penalti dengan skor 4-3 setelah sebelumnya hanya mampu bermain imbang tanpa gol di dua leg.


Sedikitnya ada tiga faktor pendukung Persib menang atas Persija di final Piala Menpora 2021.

1. Beda Level Pelatih

Pelatih Persib Robert Rene Alberts punya jam terbang lebih tinggi dibanding Sudirman. Juru taktik asal Belanda itu juga sudah malang melintang di sepak bola Indonesia bersama tim-tim elite.

Sebelum menangani Persib, Robert Rene Alberts pernah menukangi Arema dan PSM Makassar. Prestasi tertingginya adalah mengantar Arema juara Liga Super Indonesia (ISL) 2009/2010.

Sementara Sudirman lebih banyak bertindak sebagai asisten pelatih. Ia pernah menjadi asisten pelatih timnas dan Persija di momen yang berbeda. Pada 2019 ia ditunjuk sebagai caretaker pelatih tim Ibu Kota hingga diplot sebagai pelatih kepala sejak 2020.

Pelatih Persib Bandung, Robert Rene Alberts.Pelatih Persib Bandung Robert Rene Alberts lebih matang dari pelatih Persija Sudirman. (CNN Indonesia/Huyogo Simbolon)

Berbekal pengalaman dan prestasi lebih mentereng dari Sudirman, Robert Rene Alberts kemungkinan punya peluang lebih besar untuk membawa Persib mengalahkan Persija.

2. Belum Pernah Kalah

Persib Bandung belum pernah kalah di sepanjang turnamen Piala Menpora 2021. Dari lima pertandingan terakhir, Persib meraup empat kemenangan dan satu kali imbang.

Setelah bermain seri 1-1 lawan Bali United, Persib tak terbendung dan sukses mengalahkan Persita Tangerang (3-1), Persiraja (2-1), Persebaya (3-2), dan PSS Sleman (3-2 dalam agregat).

Banner Video Highlights MotoGP 2021

Sementara Persija mengawali babak grup dengan kekalahan 0-2 atas PSM Makassar. Selanjutnya Persija berhasil bangkit dengan mengalahkan Borneo FC (4-0), Bhayangkara FC (2-1), Barito Putera (1-0), PSM (4-3).

3. Lini Depan Lebih Tajam

Sejauh ini lini depan Persib tercatat lebih tajam dari Persija. Frets Butuan dan Ezra Walian masing-masing sukses mengemas tiga gol, sementara Wander Luiz dua gol.

Pesepak bola Persib Bandung Ezra Walian (tengah) melakukan selebrasi usai mencetak gol melawan Persita Tangerang saat pertandingan Piala Menpora di Stadion Maguwoharjo, Sleman, DI Yogyakarta, Senin (29/3/2021). Persib Bandung memenangi pertandingan melawan Persita Tangerang dengan skor 3-1. ANTARA FOTO/Hendra Nurdiyansyah/rwa.Ezra Walian (tengah) produktif di Piala Menpora 2021. (ANTARA FOTO/Hendra Nurdiyansyah)

Sementara Persija masih bermasalah di penyelesaian akhir. Marko Simic dan Osvaldo Haay masing-masing baru mencetak dua gol meski mendapat segudang peluang di depan gawang.

Simic juga dianggap belum mencapai puncak performa lantaran baru tiba ke Indonesia jelang Piala Menpora bergulir. Striker asal Kroasia itu tampak kesulitan keluar dari kawalan bek-bek lawan ketika diajak bermain keras.

[Gambas:Video CNN]

(jun/ptr)
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK